Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Antisipasi Pemudik, Kaltim Bangun Pos Jaga di Perbatasan Kalsel dan Kaltara

Kompas.com - 11/05/2020, 20:06 WIB
Zakarias Demon Daton,
Teuku Muhammad Valdy Arief

Tim Redaksi

SAMARINDA, KOMPAS.com – Pemerintah Provinsi Kaltim berencana membangun pos jaga di wilayah perbatasan dengan Kalimantan Selatan (Kalsel) dan Kalimantan Utara (Kaltara) untuk antisipasi mudik Idul Fitri 1441 Hijriah.

Wilayah tersebut yakni Balikpapan, Berau, Kutai Barat, Kutai Timur hingga Paser dan beberapa daerah lain yang berbatasan langsung dengan Kalsel dan Kaltara.

“Kami sudah koordinasi dengan Dinas Perhubungan Kaltim untuk antisipasi mudik di titik-titik perbatasan tersebut,” ungkap Kepala Kantor Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Provinsi Kaltim I Gede Yusa kepada Kompas.com di Samarinda, Senin (11/5/2020).

Baca juga: Nenek Asal Kaltim Tergeletak di Jalan Pantura Memeluk Koper, Kelelahan Jalan Kaki

Gede mengatakan posko terpadu tersebut akan dijaga oleh personel gabungan dari unsur pemerintah, TNI-Polri dan Satpol PP disetiap kabupaten dan kota terkait, menghalau arus mudik warga.

“Jadi kita sinergi dengan kabupaten kota untuk rencana pengawasan pos-pos tersebut,” jelasnya.

Khusus di Samarinda, dibangun lima pos jaga di pintu keluar masuk untuk mengantisipasi pergerakan orang jelang Idul Fitri.

Lima titik itu di Jalan HM Rifadin di Harapan Baru, Loa Janan Ilir dan pintu keluar masuk Tol Samarinda – Balikpapan di Simpang Pasir, Palaran.

Kemudian, penjagaan di Jalan P Suryanata, Air Putih, Samarinda Ulu untuk antisipasi pergerakan orang keluar masuk ke Kabuapeten Kutai Kertengara dan Kutai Barat.

Baca juga: 13 Anggota Ormas yang Serang Kantor Kontraktor di Samarinda Positif Narkoba

Lalu di Simpang Tiga Loa Janan, Kecamatan Loa Janan Ilir dan di Jalan poros Samarinda-Bontang, tepatnya di sekitar Bandara Aji Pangeran Tumenggung (APT) Pranoto, Sungai Siring, Samarinda Utara.

“Penjagaan di lima titik itu akan dipadu dengan operasi ketupat dari jajaran Polresta Samarinda,” ungkap H Nazrin, Plt Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kaltim.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com