Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Imbas Corona, UNP Ganti Penulisan Skripsi dengan Karya Ilmiah

Kompas.com - 07/04/2020, 15:17 WIB
Rahmadhani,
Farid Assifa

Tim Redaksi

PADANG, KOMPAS.com - Universitas Negeri Padang (UNP) memberlakukan penulisan karya ilmiah sebagai pengganti penulisan skripsi.

Hal ini berlaku bagi mahasiswa S1 yang akan menyelesaikan studinya pada Juni 2020 ini dan kesulitan dalam pengambilan data penelitian.

Kemudahan ini tak hanya bagi mahasiswa S1, mahasiswa S3 yang akan melaksanakan ujian terbuka juga formatnya diganti dengan penulisan karya ilmiah yang diterbitkan di media massa. Aturan ini mulai diberlakukan sejak 6 April 2020.

"Sementara untuk ujian tugas akhir seperti skripsi, disertasi, tesis dan lainnya dilaksanakan secara online," ucap Rektor UNP Ganefri ketika dihubungi, Selasa (7/04/2020).

Baca juga: Kesuksesan Ceko Jadi Inspirasi Pemkot Padang Melawan Virus Corona

Menurut Ganefri, langkah ini diambil sebagai bentuk kesiapsiagaan menghadapi penyebaran virus corona dan upaya agar perkuliahan di UNP tidak terhambat.

Dengan ditetapkannya wabah corona sebagai kejadian luar biasa di Sumatera Barat, UNP juga memutuskan untuk melaksanakan perkuliahan daring hingga akhir semester ganjil 2020 ini yang berakhir pada Juni 2020.

Ujian akhir semester tetap dilaksanakan sesuai jadwal yaitu 8 hingga 19 Juni 2020.

Bagi perkuliahan yang mewajibkan adanya pratikum di laboratorium, bengkel dan sejenisnya dapat diganti dengan virtual reality, simulasi, rekaman video dan lainnya yang tetap memperlihatkan keterampilan mahasiswa.

Jika hal ini tetap tidak bisa terlaksana, di mana pertemuan tatap muka harus dilaksanakan, dosen yang bersangkutan bisa menunda kegiatan tersebut terlebih dahulu dengan tetap memberikan nilai belum lengkap (BL) bagi mahasiswa.

Baca juga: Tak Pakai Masker Saat Keluar Rumah, Warga Padang Didenda Sediakan 2 Masker

UNP juga menyediakan internet gratis bagi seluruh civitas akademika dengan mengaktifkan paket ilmupedia melalui aplikasi di Mytelkomsel.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com