Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemkot Padang Bentuk Relawan Cegah Virus Corona

Kompas.com - 16/03/2020, 14:54 WIB
Rahmadhani,
Farid Assifa

Tim Redaksi

PADANG, KOMPAS.com - Mengantisipasi penyebaran virus corona, Pemkot Padang membentuk relawan untuk membersihkan fasilitas umum.

Hal ini dilakukan karena semakin mewabahnya virus corona di Indonesia.

"Kita akan membentuk kelompok relawan sebanyak seribu orang lebih untuk membersihkan setiap fasilitas umum seperti sekolah, rumah ibadah dan fasilitas umum lainnya yang melayani masyarakat. Selain itu, kami juga akan mengaktifkan kelompok relawan seperti tagana, KSB, pramuka dan lainnya," ujar Wali Kota Padang Mahyeldi, Senin (16/3/2020).

Baca juga: RSUD Kardinah Kota Tegal Isolasi Dua Pasien PDP Virus Corona

Pemkot Padang akan terus memberikan perkembangan informasi virus corona melalui comand centre Dinas Komunikasi dan Informasi setiap harinya.

"Seluruh informasi mengenai perkembangan virus corona harus berasal dari Dinas Kesehatan Kota Padang. Kita ingin menghadirkan informasi satu pintu sehingga tidak membingungkan masyarakat," sebutnya.

Langkah selanjutnya untuk mengantisipasi yang dilakukan oleh Pemkot Padang adalah dengan memantau masyarakat yang datang dan berpergian ke luar negeri.

"Pemkot Padang melalui Dinas Kesehatan, camat, lurah dan puskesmas akan mendata dan memantau orang-orang yang datang dari luar negeri," sebutnya.

Baca juga: Satu Pasien Suspect Corona Meninggal Dunia di RSUP M Djamil Padang

Selain itu, Mahyeldi juga mengimbau masyarakat untuk membudayakan hidup sehat. Dengan budaya hidup sehat akan menjauhkan dari penyakit.

"Budaya hidup sehat telah diajarkan oleh agama. Kita harus terapkan cuci tangan dan muka," ungkapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com