Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tangkal Virus Corona, Warga Kota Padang Diimbau Tanam Jahe di Rumah

Kompas.com - 11/03/2020, 18:35 WIB
Rahmadhani,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

PADANG, KOMPAS.com--Pemerintah Kota Padang melalui Dinas Pertanian mengimbau masyarakat untuk menanam jahe, kunyit dan temulawak. Ketiga jenis rempah-rempah ini dinilai bisa mencegah virus corona yang tengah mewabah.

“Masyarakat kami imbau untuk menanam jahe, kunyit dan temulawak di halaman rumahnya. Penanaman tidak memakan lahan yang luas dan bisa dilakukan di polibek,” ujar Kapela Dinas Pertanian Kota Padang Syahrial Kamat, Rabu (11/3/2020).

Menurut Syahrial dengan mengkonsumsi jahe, kunyit atau temulawak bisa meningkatkan stamina dan imun tubuh manusia sehingga bisa menghindari virus corona.

“Seperti penemuan dari pak Chariul Anwar guru besar dari Universitas Airlangga kalau jahe, kunyit dan temulawak bisa mencegah corona,” paparnya.

Baca juga: Dianggap Tangkal Corona, Harga Jahe dan Kunyit di Palopo Naik

Pihak Dinas Pertanian melakukan penyuluhan manfaat dan cara menanam ketiga jenis rempah-rempah tersebut kepada masyarakat.

“Nanti tim penyuluhan kami memberikan penyuluhan kepada masyarakat melalui kelompok tani atau melalui kelompok masyarakat,” ujarnya.

Dikatakan oleh Syahrial kalau masyarakat Indonesia dahulu sudah mengkonsumsi herbal untuk menjaga kesehatan dan sebagai obat.

“Jika kita mengkonsumsi herbal agak berlebih tidak memberikan efek samping yang berbahaya. Karena herbal berasal dari alam berbebeda dengan obat yang berasal dari kimia, memang bisa memberikan efek samping yang berbahaya,” ungkapnya.

Lebih jauh dijelaskan oleh Syahrial Kamat, di beberapa daerah harga jahe mengalami kenaikan yang cukup besar. Sedangkan di Kota Padang tidak terlalu besar kenaikannya.

“Ada bahkan harga naiknya sampai tiga kali lipat,”sebutnya.

Baca juga: Ketika Pedagang Susu Jahe Kukuh Tak Naikkan Harga di Tengah Wabah Virus Corona...

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com