Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenang Iffa Karlina, Istri Wakil Wali Kota Ambon yang Meninggal di Amsterdam

Kompas.com - 14/06/2019, 05:50 WIB
Rahmat Rahman Patty,
Rachmawati

Tim Redaksi

AMBON, KOMPAS.com - Waktu baru menunjukan pukul 14.00 WIT, saat ribuan orang berdatangan ke kawasan Galunggung, Desa Batu Merah, Kecamatan Sirimau Ambon. Kedatangan mereka tak lain untuk menjemput jenazah Iffa Karlina Hadler, istri Wakil Wali Kota Ambon yang baru saja tiba di Bandara Pattimura, setelah diterbangkan dari Amsterdam, Belanda menuju Jakarta.

Meski harus menunggu beberapa jam, namun warga tetap bertahan. Warga yang tinggal di kawasan Galunggung juga memilih keluar dari rumah mereka untuk menanti kedatangan jenazah Iffa Karlina.

Selain itu, pegawai pemerintah Kota Ambon yang kompak menggunakan pakaian hitam dan putih berdiri menjadi pagar hidup dari gapura kawasan Galunggung hingga menuju rumah duka yang berjarak beberapa ratus meter.

Hingga Kamis (13/6/2019) sore jumlah warga terus berdatangan ke rumah duka h terus bertambah. Ribuan karangan bunga ucapan duka cita terlihat terpampang di sisi kiri dan kanan jalan menuju rumah duka.

Baca juga: Wali Kota: Ambon Berduka Kehilangan Sosok Wanita Hebat

Sekitar pukul 16.30 WIT, iring-iringan mobil jenazah yang ditunggu ribuan warga akhirnya tiba di halaman rumah duka dan langsung disambut tangisan haru. Lebuh-lebih saat wakil

Kedatangan jenazah di rumah duka langsung disambut tangis ribuan warga yang sudah memadati halaman rumah dan sekitarnya. Suasana haru lebih terasa saat Syarif Hadler, Wakil Wali Kota Ambon bersama ketiga anaknya turun dari mobil.

Semua yang datang larut dalam kesedihan. Bahkan tidak sedikit pelayat yang jatuh  pingsann.

Kedatangan jenazah Iffa Karlina Hadler, disambut Wali Kota Ambon, Richard Louhenapessy. Ia memimpin upacara penghormatan dan penyerahan jenazah dari Pemerintah Kota AMbon ke pihak keluarga.

Bagi Richard, Iffa Karlina Hadler merupakan seorang wanita tangguh sekaligus sosok yang sangat bersahaja dan begitu dekat dengan warga Ambon. Selain itu Iffa Karlina Hadler dikenal sebagai perempuan yang murah hati karena sering terlibat membantu warga baik secara pribadi maupun dalam berbagai kegiatan sosial yang dilakukan.

Baca juga: Lantunan Shalawat Menggema Antar Istri Wakil Wali Kota Ambon ke Pemakaman

Richard mengaku meninggalnya Iffa Karlina Hadlermerupakan duka mendalam, bukan hanya untuk keluarga dan orang-orang terdekat, namun juga untuk Kota Ambon, sebab kebaikan yang telah diperbuat semasa hidupnya selama ini telah melekat di hati seluruh warga Kota Ambon. Apalagi, Iffa Karlina Hadler adalah seorang istri yang selalu mendampingi suaminya baik saat pujian datang, maupun dalam situasi sulit.

“Kematian tidak akan bisa membunuh ingatan kita semua terhadap kebaikan almarhumah selama ini. Pergilah dengan damai menghadap Allah SWT semoga tenang disisi Tuhan Yang Maha Esa,” kata Richard

Tak lupa dia juga mengajak ketiga anak Iffa Karlina Hadler untuk menangis terakhir kalinya seraya melepas kpergiannya dengan damai menuju sang pemilik kehidupan sejati.

“Sebentar lagi jenazah akan dibawa ke tempat peristirahatan terakhir di tempat kesunyian abadi. Untuk anak-anak almarhumah, menangislah untuk terakhir kali di hadapan wanita hebat kalian. Setelah itu ikhlaskan almarhumah dengan damai menghadap Allah SWT,” kata Richard.

Sementara itu, suami Iffa Karlina Hadler, Syarif Hadler sambil menahan tangis dan suara bergetar mengumandangkan azan terakhir  jenazah akan dimasukan ke liang lahat.

Dikenal Sebagai Orang yang Baik

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com