Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wali Kota: Ambon Berduka Kehilangan Sosok Wanita Hebat

Kompas.com - 13/06/2019, 18:57 WIB
Rahmat Rahman Patty,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi

AMBON, KOMPAS.com - Wali Kota Ambon, Richard Louhenapessy menyampaikan rasa duka yang mendalam dari seluruh warga Kota Ambon atas kepergian almarhumah Iffa Karlina Hadler, istri dari Wakil Wali Kota Ambon, Syarif Hadler.

Wali Kota mengatakan, Kota Ambon berduka karena kehilangan seorang sosok wanita hebat yang sangat berahaja dan dekat dengan masyarakat.

“Ambon berduka saat ini karena kita kehilangan seorang sosok wanita hebat,” kata Richard, saat menyampaikan sambutannya pada acara penghormatan dan pelepasan jenazah ke pihak keluarga di rumah duka di kawasan Galunggung, Kecamatan Sirimau, Kamis (13/6/2019).

Baca juga: Lantunan Shalawat Menggema Antar Istri Wakil Wali Kota Ambon ke Pemakaman

Richard mengungkapkan, almarhumah merupakan sosok perempuan hebat karena tidak hanya setia mendampingi suaminya sebagai seorang istri, namun juga mampu melewati berbagai situasi sulit dan terberat selama ini.

“Kenapa saya katakan wanita hebat?, karena almarhumah begitu setia mendampingi Pak Syarif apa pun kondisinya, baik saat Pak Syarif dihujat, difitnah, dicaci maki, bahkan saat beliau mengalami kekalahan dan dihianati dalam politik,” ungkap Richard.

Richard meyakini, kesuksesan Syarif tak lepas dari andil almarhumah selama ini.

”Saya sangat percaya dengan idiom dibalik sukses seorang suami pasti ada wanita hebat di belakangnya," ujar dia.

Menurut Richard, setelah ia mengumumkan wafatnya almargumah dari Belanda, banyak orang dari berbagai latar belakang yang menyampaikan rasa duka dan mendoakan almarhumah agar dapat kembali ke sisi Tuhan dengan tenang.

"Sebentar lagi almarhumah akan dibawa dan dimakamkan di tempat peristirahatan terakhir, di tempat kesunyian abadi. Kepada anak-anak almarhumah, menangislah untuk yang terakhir kalinya dan ikhlaskanlah almarhumah untuk menghadap Tuhan,” ujar dia.

Baca juga: Isak Tangis Warga Pecah Sambut Kedatangan Jenazah Istri Wakil Wali Kota Ambon

Kepergian Iffa memang membawa duka mendalam bagi warga di Kota Ambon. Banyak warga yang terlihat bersedih dan menangis saat jasad almarhumah tiba di rumah duka, begitu pun saat almarhumah akan dimakamkan.

Rasa duka mendalam juga ditunjukan warga dengan membawa karangan bunga ucapan duka ke kawasan rumah duka.

Banyak karangan bunga ucapan duka terpampang mulai dari jalan masuk kawasan Galunggung hingga ke rumah duka.

Tak hanya karangan bunga, ucapan duka atas kepergian almarhum juga ditunjukan melalui spanduk dan umbul-umbul yang terpampang di beberapa jalan di Kota Ambon.

Baca juga: Sebelum Dimakamkan, Upacara Penghormatan Akan Digelar untuk Istri Wakil Wali Kota Ambon

Iffa Karlina Hadler wafat di sebuah rumah sakit di Amsterdam, Belanda, pada Senin (10/6/2019) sore waktu setempat, setelah menjalani perawatan selama dua hari di rumah sakit tersebut.

Almarhumah dirawat di rumah sakit tersebut setelah ia jatuh pingsan di Bandara Amsterdam saat baru saja tiba di bandara tersebut bersama suaminya, dan Wali Kota Ambon bersama romobongan lainnya pada Sabtu (8/6/2019). 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com