Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Karangan Bunga Ucapan Duka Penuhi Rumah Wakil Wali Kota Ambon

Kompas.com - 11/06/2019, 21:35 WIB
Rahmat Rahman Patty,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi


AMBON, KOMPAS.com - Ratusan karangan bunga ucapan duka cita memenuhi sisi kiri dan kanan jalan hingga pekarangan rumah Wakil Wali Kota Ambon, Syarif Hadler, yang berada di kawasan Galunggung, Kecamatan Sirimau, Ambon, Selasa (11/6/2019).

Ratusan karangan bunga yang dipajang sebagai bentuk rasa simpati dan duka cita dari berbagai pihak atas wafatnya, Iffa Karlina Hadler, istri Syarif, mulai terpampang sejak Selasa pagi dan terus berdatangan hingga malam hari.

Berdasarkan pantauan Kompas.com di rumah duka, ratusan karangan bunga berbagai jenis dan ukuan itu mulai memenuhi halaman rumah almarhumah hingga jalan raya yang berjarak sekitar 30 meter dari rumah tersebut.

Baca juga: Istri Wakil Wali Kota Ambon Wafat Setelah Jatuh Pingsan di Bandara Amsterdam

Adapun ratusan karang bunga ucapan duka cita yang terpampang itu ada karang bunga dari Gubernur Maluku Murad Ismail, Wakil Gubernur Maluku Barnabas Orno, Pangdam Pattimura, Kapolda Maluku hingga Kepala BNPB Letjen TNI Doni Monardo.

Karangan bunga ini sudah mulai dipasang sejak pagi tadi,” kata salah satu kerabat almarhumah, Julkison Kaisupy, kepada Kompas.com, Selasa malam.

Dia mengatakan, untuk karangan bunga berukuran besar ada sekitar 80 buah dan untuk ukuran sedang dan kecil lebih sekitar 150-an.

“Kemungkinan besok juga masih ada yang datang membawa karangan bunga seperti ini,” ujar dia.

Berdasarkan pantauan di lapangan, sebuah tenda berukuran besar juga telah didirikan warga dan pegawai Pemerintah Kota Ambon tepat di depan rumah almarhumah.

Warga dari berbagai kalangan termasuk Sekretaris Kota Ambon dan sejumlah pejabat lainnya tampak terus berdatangan ke rumah duka untuk menyampaikan rasa belasungkawa.

Di samping itu, warga setempat juga terlihat memanjatkan doa dan dilanjutkan dengan pembacaan yasinan bagi almarhumah.

Baca juga: Rabu Ini, Jenazah Istri Wakil Wali Kota Ambon Diterbangkan dari Amsterdam

“Tadi tahlinan hari pertama juga sudah dilakukan pada pukul 17.00 WIT sore tadi,” kata Jery Mirwan, salah satu kerabat dekat almarhumah.

Sebelumnya diberitakan, istri wakil wali kota Ambon itu meninggal dunia setelah menjalani perawatan intensif di sebuah rumah sakit di Amsterdam pada Senin kemarin.

Sebelum meninggal dunia, Ibu Iffa sempat jatuh pingsan di Bandara Schipoll, Amsterdam pada Sabtu (8/6/2019).

Rencananya, jenazah almarhumah akan diterbangkan dari Belanda menuju Jakarta pada Rabu (12/6/2019) dan selanjutnya langsung dibawa ke Ambon untuk segera dimakamkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com