Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Sakit yang Menyebabkan Wafatnya Istri Wakil Wali Kota Ambon

Kompas.com - 10/06/2019, 23:37 WIB
Rahmat Rahman Patty,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi


AMBON, KOMPAS.com - Wali Kota Ambon Richard Louhenapessy mengungkapkan penyebab meningalnya istri Wakil Wali Kota Ambon, Syarif Hadler, Iffa Karlina Syarif di salah satu rumah sakit di Kota Amsterdam, Belanda, Senin (10/6/2019).

Menurut Ricahrd, dari keterangan dokter di rumah sakit tersebut, Iffa jatuh pingsan dan akhirnya meninggal dunia di rumah sakit disebabkan karena almarhumah mengalami penyumbatan pada paru-paru atau dalam istilah medis disebut pulmonary embolism atau emboli paru-paru.

Baca juga: Istri Wakil Wali Kota Ambon Wafat Setelah Jatuh Pingsan di Bandara Amsterdam

“Itu bisa terjadi, salah satu penyebabnya adalah sirkulasi darah tidak terlalu lancar, akibat dari pada pengentalan darah,” ujar Richard, melalui video conference kepada para pejabat pemerintah Kota Ambon, para camat dan lurah di Balai Kota Ambon, Senin malam.

Richard mengatakan, selain penyumbatan pada paru-paru, dari pemeriksaan dokter, almarhumah juga didiagnosa memiliki sejumlah indikasi yang menyebabkan kondisinya semakin kritis hingga akhirnya meninggal dunia.

“Ada beberapa indikasi yang juga menjadi keprihatinan. Antara lain misalnya, gangguan dan kelemahan pada syaraf otak yang juga akan berdampak besar pada kondisi dari Ibu Iffa,” ujar dia.

Baca juga: Longsor dan Pohon Tumbang di Ambon, 4 Rumah Rusak, 1 Anak Terluka

Sebelumnya diberitakan, Iffa meninggal dunia setelah menjalani perawatan intensif di sebuah rumah sakit di Amsterdam sekira pukul 12.20 waktu setempat. Sebelum meninggal dunia, istri Wakil Wali Kota Ambon itu sempat jatuh pingsan di Bandara Schipoll, Amsterdam pada Sabtu (8/6/2019).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com