Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perlintasan Sebidang di Cilegon Ditutup Usai Minibus Tertabrak Kereta

Kompas.com - 03/05/2019, 18:46 WIB
Acep Nazmudin,
Khairina

Tim Redaksi

CILEGON, KOMPAS.com - PT KAI Daop 1 Jakarta menutup perlintasan sebidang di Lingkungan Medaksa, Kelurahan Tamansari, Kecamatan Pulomanuk, Kota Cilegon, Banten Jumat (3/5/2019).

Penutupan dilakukan setelah terjadi tabrakan antara kereta api dan minibus di perlintasan tanpa palang pintu tersebut.

"Ditutup oleh tim prasarana PT KAI Daop 1 untuk kepentingan keselamatan dan keamanan," kata Kahumas PT KAI Daop 1 Eva Chairunisa kepada Kompas.com melalui pesan WhatsApp, Jumat (3/5/2019) sore.

Baca juga: Tabrakan Kereta dan Minibus di Cilegon, Perjalan KA Tergangu

Eva meminta kepada masyarakat di lingkungan sekitar,  bekerja sama mendukung penutupan tersebut.

Dirinya juga mengimbau pengguna kendaraan yang melintas pada perlintasan sebidang jalur rel untuk mengikuti aturan dan tata tertib serta memperhatikan rambu yang ada.

Peristiwa tabrakan kereta api dengan minibus terjadi  Jumat (3/5/2019), sekitar pukul 06.30 WIB.

Kapolres Cilegon AKBP Rizki Prakoso mengatakan, mobil berpelat nomor B 1795 FZQ tertabrak lantaran mogok di perlintasan liar di Medaksa. Tidak ada korban dalam peristiwa tersebut.

"Mobilnya mogok di tengah perlintasan, sempat didorong mundur tapi tidak berhasil, keburu ada kereta, akhirnya tertabrak dan terseret beberapa puluh meter," kata Rizki dihubungi Kompas.com melalui sambungan telepon, Jumat (3/5/2019).

Baca juga: Viral Ibu-ibu Naik Motor Jatuh karena Buka Palang Pintu KA, Ini Kata KAI

Akibat peristiwa tabrakan tersebut, perjalanan kereta api lintas Rangkasbitung-Merak maupun sebaliknya sempat terganggu.

Setidaknya dua kereta di relasi tersebut tertunda keberangkatannya dari jadwal seharusnya lantaran proses evakuasi memerlukan waktu setidaknya tiga jam.

Gangguan kereta ini juga menyebabkan adanya penumpukan penumpang di sejumlah stasiun, di antaranya di stasiun Rangkasbitung, Serang dan juga Merak. Kereta mulai beroperasi normal kembali sekitar pukul 11.00 WIB.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com