Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jadi Fasilitator Desa Terbaik, 2 Warga NTT Bertemu 3 Menteri dan Belajar ke India

Kompas.com - 25/03/2019, 21:45 WIB
Sigiranus Marutho Bere,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

KUPANG, KOMPAS.com - Charles Mau dan Odilia Besin, dua orang fasilitator (tenaga pendamping) desa terbaik tingkat Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), akan berangkat ke India pada Mei 2019 mendatang.

Keduanya akan difasilitasi belajar ke India, karena dinilai berhasil selama menjadi fasilitator desa di Kabupaten Belu, NTT.

Keduanya dinilai berhasil oleh Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT).

Kedua fasilitator desa terbaik ini difasilitasi oleh Ketua Komisi V DPR RI Farry Djemi Francis untuk bertatap muka sekaligus berdialog langsung dengan Mendes PDTT Eko Putro Sandjojo, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri ESDM Ignasius Jonan dan Ketua DPR RI Bambang Soesatyo.

Baca juga: Jonan Sebut Rasio Elektifikasi NTT Paling Rendah di Indonesia

Ketua Komisi V DPR RI, Farry Djemi Francis mengatakan, kedua fasilitator desa terbaik tingkat NTT ini sengaja dibawa ke Jakarta, untuk bertatap muka sekaligus berdialog dengan Mendes PDTT terkait keberhasilan yang sudah dilakukan selama menjadi fasilitator desa di desa dampingannya selama ini.

"Jadi, kedua orang fasilitator desa ini berhasil meraih penghargaan yang diberikan oleh Kemendes PDTT pada 16 Oktober 2018 lalu di Kupang. Penghargaan yang diberikan oleh Kemendes PDTT ini sebagai bentuk apresiasi atas kinerja yang sudah dilakukan keduanya di desa dampingannya selama ini," jelas Farry yang juga pernah menjadi fasilitator desa sebelum terjun ke dunia politik.

Baca juga: Wagub NTT: Sangat Ironis, Kita Termiskin Ketiga Tapi Terkorup Keempat

Menurut politisi Partai Gerindra ini, kedua orang fasilitator desa dari Kabupaten Belu itu akan segera dikirim ke India pada Mei mendatang untuk belajar secara khusus tentang perencanaan desa.

"Sebagai bentuk apresiasi atas dedikasinya menjadi fasilitator desa yang baik selama ini maka keduanya saja ajak ke Jakarta untuk bertemu sekaligus berdialog langsung dengan Menteri Desa PDTT Eko Putro Sandjojo. Kebetulan sekali, mitra kerja Komisi V salah satunya yakni Kemendes PDTT," ujar wakil rakyat asal NTT ini.

Sementara itu Charles Mau dan Odilia Besin mengaku, apa yang mereka lakukan itu semata-mata hanya untuk kemajuan desa dampingannya.

"Selama mengabdikan diri sebagai fasilitator desa kami hanya fokus kerja saja dan kami berikan yang terbaik," ujar kedua fasilitator desa terbaik tingkat Provinsi NTT ini.

Baca juga: Gubernur NTT Bertekad Kembalikan Kabupaten Kupang Jadi Gudang Ternak Sapi

Untuk diketahui, Charles Mau berhasil meraih penghargaan untuk kategori fasilitator desa dengan partisipasi dan pemberdayaan masyarakat desa dalam proses perencanaan.

Sedangkan, Odilia Besin berhasil meraih penghargaan untuk kategori inovasi desa terbaik.

Desa-desa dampingan Charles Mau diantaranya Desa Lutarato, Debululik, Sisi Fatuberal dan Desa Lo'onuna, Kecamatan Lamaknen Selatan.

Sedangkan desa dampingan Odilia Besin diantaranya Desa Manleten, Defala, Fatuba'a dan Desa Pialai, Kecamatan Tasifeto Timur.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com