Jonan Sebut Rasio Elektifikasi NTT Paling Rendah di Indonesia

Kompas.com - 23/03/2019, 23:51 WIB
Menteri ESDM Ignasius Jonan, saat berkunjung ke Kota Kupang, Nusa  Tenggara Timur (NTT), Sabtu (23/3/2019) sore KOMPAS.com/SIGIRANUS MARUTHO BEREMenteri ESDM Ignasius Jonan, saat berkunjung ke Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), Sabtu (23/3/2019) sore

KUPANG, KOMPAS.com - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan mengatakan, rasio elektrifikasi Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) paling rendah di Indonesia.

Hal itu disampaikan Jonan saat berkunjung ke Kota Kupang, NTT, Sabtu (23/3/2019) sore.

"Kalau kita lihat rasio elektrifikasi atau jumlah penerangan yang dimiliki oleh masyarakat provinsi NTT sampai hari ini paling rendah di seluruh Indonesia. Sekitar 62 sampai 63 persen saja,"ungkap Jonan.

Baca juga: Kejar Elektrifikasi 99,9 Persen, Presiden Resmikan PLTU Cilacap Ekspansi

Jonan mengaku, waktu dia ditugaskan sebagai Menteri ESDM pada dua tahun lalu, rasio elektrifikasi paling rendah berada di Provinsi Papua yakni di bawah 60 persen.

Namun sekarang, lanjut Jonan, rasio elektrifikasi Provinsi Papua telah mencapai 90 persen.

Kalau provinsi lainnya di Indonesia sebut Jonan, berkisar antara 80 hingga 90 persen.

"Karena ketinggalan, maka kita akan kerja mati-matian untuk mengejar ketertinggalan itu,"ujar dia.

Karena itu, Jonan berharap jika ada permintaan lahan untuk pembangunan jaringan listrik, dia mengharapkan DPR dan Pemerintah Provinsi NTT serta kabupaten dan kota bisa membantu.

Kompas TV Sejumlah lokasi terdampak banjir bandang di Sentani, Papua hingga Jumat (22/3/2019) petang belum dialiri listrik. PLN terus melakukan perbaikan gardu untuk mengaliri listrik menuju rumah warga. Pasca banjir bandang yang menerjang Kota Sentani, Kabupaten Jayapura sejumlah gardu milik PLN rusak berat dan mengakibatkan pemadaman listrik secara menyeluruh di lokasi terdampak banjir. Hingga kini seluruh gardu milik PLN sudah diperbaiki namun belum bisa mengalirkan listrik menuju rumah warga karena masih terendam banjir. Lokasi yang belum bisa dialiri listrik adalah BTN Sosial, BTN Bintang Timur, BTN Gajah Mada dan Doyo Baru. #BanjirBandangSentani #Jayapura #Listrik


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X