Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemprov NTT Rancang Jalan Alternatif di Lokasi Bencana Tanah Longsor

Kompas.com - 20/03/2019, 13:49 WIB
Markus Makur,
Khairina

Tim Redaksi

LABUAN BAJO,KOMPAS.com-Kepala Biro Hubungan Masyarakat sekaligus juru bicara Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur Marius Jelamu menjelaskan, Pemprov NTT merancang jalan alternatif di lokasi bencana alam tanah longsor di Jalan Transflores Ruteng-Labuan Bajo.

"Membuka jalan alternatif di lokasi tanah longsor tentu berdasarkan kajian dari berbagai pihak, khususnya Dinas Pekerjaan Umum. Gubernur NTT akan mengirimkan tim untuk melakukan survei dan kajian jalan alternatif di lokasi tanah longsor," jelas Jelamu kepada KOMPAS.com di Labuan Bajo, Rabu (20/3/2019).

Jelamu mengatakan, warga terdampak bencana alam tanah longsor meminta Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat membuka dan membangun jalan alternatif.

"Kemarin Gubernur memberikan jawaban kepada warga terdampak bencana alam tanah longsor bahwa Pemprov NTT siap membangun jalan alternatif setelah ada kajian dari tim teknis yang akan dikirim dari Kupang," jelasnya.

Baca juga: Kesaksian Warga Malaysia, saat Longsor di Tiu Kelep Terjadi 3 Kali Getaran dalam 5 Menit

Jelamu menjelaskan, tanah longsor terjadi di Jalan Transflores dari Kampung Cekonobo-Melo, Kecamatan Mbeliling, Kabupaten Manggarai Barat yang rentan dengan tanah turun saat musim hujan.

"Tanah-tanah di lereng Bukit Mbeliling sudah turun di kiri jalan. Dan setiap saat bisa timbun jalan," jelasnya.

Jelamu menambahkan, Gubernur NTT sudah diperintahkan Presiden RI untuk menangani bencana alam tanah longsor dan bencana alam lainnya di Kabupaten Manggarai Barat.

Pemprov NTT sudah menyerahkan bantuan kemanusiaan kepada warga terdampak bencana alam tanah longsor.

Bencana alam tanah longsor di Jalan Transflores Ruteng-Labuan Bajo, Kamis (7/3/2019) menewaskan 8 warga Kampung Culu yang tertimbun tanah longsor didalam rumah.

Akibatnya, ratusan warga mengungsi di kampung tertangga di Kampung Cekonobo, Wersawe dan Melo.

Saat bencana alam tanah longsor ada 20 titik. Ada sejumlah jembatan yang rentan longsor takkala ada hujan di sekitar lokasi itu. 

Kompas TV Pencarian korban #longsor di #ManggaraiBarat, Nusa Tenggara Timur, membuahkan hasil. Hari Minggu (11/3) tim gabungan telah mengevakuasi tiga jenazah yang tertimbun. Korban yang ditemukan terdiri dari satu keluarga. Saat ini, total delapan korban longsor di Labuan Bajo sudah berhasil dievakuasi. Proses evakuasi dilakukan petugas tim SAR bersama warga Desa Tondong Belang. #LongsorLabuanBajo
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com