Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemarau, 43 Hektare Kawasan Hutan di Bintan Terbakar

Kompas.com - 08/03/2019, 18:42 WIB
Hadi Maulana,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi

BINTAN, KOMPAS.com - Kebakaran hutan yang terjadi di wilayah Tanjung Uban Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau, sampai saat ini tercatat sudah mencapai 43 hektare.

Kasubag TU UPT Damkar Bintan Utara Panyodi mengatakan, sampai saat ini, sudah 43 hektare hutan atau lahan terbakar yang tersebar di wilayah Tanjung Uban, Bintan.

"Angka itu merupakan akumulasi dari 14 titik yang tersebar di wilayah Tanjung Uban," kata Panyodi, saat dihubungi, Jumat (8/3/2019).

Jika angka ini diakumulasikan ke seluruh Kabupaten Bintan, diperkirakan bisa mencapai ribuan hektare.

Baca juga: Sejumlah Wilayah di Kepulauan Meranti Diselimuti Kabut Asap Kebakaran Hutan dan Lahan

Jumlah 14 titik api tersebut merupakan kejadian yang ditangani oleh Damkar Bintan Utara.

"Untuk yang tidak ditangani, bisa lebih. Belum lagi ada beberapa kejadian kebakaran yang terjadi secara bersamaan dan tidak dapat ditangani, hal itu tidak termasuk dalam hitungan ini," ujar dia.

Tidak saja hutan, ada juga beberapa titik yang hanya berupa lahan kosong dan semak belukar, namun lokasinya berdekatan dengan lokasi pemukiman warga.

Sementara itu, Prakirawan BMKG Stasiun Meteorologi Tanjungpinang, Arditho B Putra mengatakan, saat ini pihaknya menemukan ada 8 titik hotspot terpantau di wilayah Bintan.

Baca juga: Padamkan Kebakaran Hutan di Perbatasan, Warga dan TNI Gunakan Alat Semprot Rumput

Di antaranya 2 titik hotspot di wilayah kecamatan Bintan Timur atau diposisi 104.294 derat Bujur Timur, 0.95 derajat Lintang Utara dan Kecamatan Bintan Utara diposisi 104.294 derajat Bujur Timur, 1.107 derajat Lintang Utara Kabupaten Bintan dengan tingkat kepercayaan 62-64 persen.

"4 titik hotspot di wilayah Gunung Kijang atau diposisi 104.596 derajat Bujur Timur, 0.985 derajat Lintang Utara dengan tingkat kepercayaan 55-80 persen dan 2 titik hotspot di wilayah Galang atau 104.244 derajat Bujur Timur, 0.741 derajat Lintang Utara dengan tingkat kepercayaan 62-80 persen," pungkas dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com