Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

HUT RI Ke-73, Warga Sulap Sampah Plastik Jadi Penghias Kampung

Kompas.com - 16/08/2018, 10:23 WIB
Amran Amir,
Reni Susanti

Tim Redaksi

LUWU UTARA, KOMPAS.com – Warga Kelurahan Amassangan, Malangke Barat, Kabupaten Luwu Utara, Sulawesi Selatan, memanfaatkan sampah plastik sebagai hiasan dalam peringatan HUT RI ke-73.

Sampah plastik yang digunakan berupa botol minuman, gelas minuman, dan lembaran plastik lainnya.

Sebelum digunakan, warga membersihkan sampah plastik tersebut. Kemudian memberi warna merah dan putih.

Setelah diwarnai, sampah plastik itu digunakan untuk menghiasi kampung. Mulai dari pagar, gapura, dan hiasan lainnya. Nuansa merah putih nampak indah dan cantik menggantikan umbul-umbul.

Baca juga: Penjelasan Soekarwo Terkait Isu Loncat ke Nasdem dan Dipanggil SBY

Tak hanya itu, warga membuat kreasi sampah plastik dengan berbagai variasi termasuk mendekorasi payung, sehingga warnanya terlihat indah.

Payung yang telah diberi hiasan atau variasi warna dan gambar tersebut digantung bersama botol minuman dan gelas yang telah diberi warna merah dan putih, sehingga warga yang melintas di bawahnya dapat merasakan langsung nuansa kemerdekaan.

Salah seorang warga, Ita Rahman mengatakan, dalam memperingati dan mengisi kemerdekaan, warga dituntut untuk berkreasi dan memanfaatkan sumber daya yang ada.

“Untuk membuat pernak-pernik tujuh belasan, cukup membuat kreasi dari bahan yang mudah didapat. Salah satunya adalah sampah plastik dari botol minuman. Hasilnyapun ditentukan dari pola yang akan dibuat,” tuturnya, Kamis (18/8/2018).

Persiapan ini dilakukan selama 3 hari, dan sejak memasuki Agustus, nuansa merah putih dari sampah plastik sudah terlihat menghiasi kampung.

Untuk lebih memotivasi warga, pihak Kecamatan Malangke Barat, memberikan apresiasi dan motivasi kepada para warga.

Baca juga: Status Waspada, Gunung Merapi Ditutup untuk Pendakian HUT RI

 

Salah satunya dengan memasang hasil kreasi mereka di depan kantor kecamatan sebagai sarana membangun hubungan emosional antar warga dan tetap menjaga kebersihan lingkungan.

"Perayaan HUT Kemerdekaan RI ke-73 di Malangke Barat memang terlihat ramai dan indah, dimana masyarakat menginisiasi dengan memanfaatkan berbagai macam sampah plastik menjadi pernak-pernik kemerdekaan,” ucap Sulpiadi, Camat malangke Barat.

Sulpiadi menjelaskan, bagi warga, kegiatan ini adalah sebuah kreasi dan inovasi sekaligus upaya warga dalam mencintai lingkungannya.

“Ini adalah bentuk kecintaan warga terhadap lingkungannya dengan mengumpulkan sampah plastik yang tidak hanya dibuang percuma, tetapi dapat menjadi sesuatu yang bernilai seni,” pungkasnya.

Kompas TV Para pedagang mengaku penjualan batang pinang tahun ini mengalami peningkatan di bandingkan tahun sebelumnya.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com