Status Waspada, Gunung Merapi Ditutup untuk Pendakian HUT RI

Kompas.com - 13/08/2018, 19:36 WIB
Puncak Gunung Merapi pasca meletus, Jumat (1/6/2018), pukul 08.20 WIB, dilihat dari objek wisata Ketep Pass, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang, atau sekitar 8 kilometer dari puncak. KOMPAS.com/IKA FITRIANA Puncak Gunung Merapi pasca meletus, Jumat (1/6/2018), pukul 08.20 WIB, dilihat dari objek wisata Ketep Pass, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang, atau sekitar 8 kilometer dari puncak.

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Hingga kini, status Gunung Merapi masih "Waspada" (level 2).

Karena radius 3 km dari puncak harus steril dari aktivitas, maka jalur pendakian Gunung Merapi pun ditutup untuk aktivitas pendakian.

Twitter @BPPTKG, mengunggah surat resmi dari Balai Taman Nasional Gunung Merapi (TNGM). Dalam surat tersebut disebutkan mengenai penutupan jalur pendakian dalam rangka Peringatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-73.

Baca juga: Setelah Terlempar ke Luar, Jumaidi Cari Air Minum di Balik Reruntuhan Pesawat

Di surat pengumuman dengan nomor PG08/BTNGM/Ren/2018 yang ditandatangi oleh Kepala TNGM Ammy Nurwati tertulis:

Sehubungan dengan Peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-73 tanggal 17 Agustus 2018 dan memperhatikan surat Kepala Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Yogyakarta Nomor : 271/45/BGV.KG/2018 tanggal 21 Mei 2018 dan Surat Nomor : 398. Peng/45/BGV.KG/2018 Tanggal 3 Agustus 2018 perihal Peningkatan Tingkat Aktivitas Gunung Merapi dari NORMAL ke WASPADA dengan ini disampaikan hal-hal sebagai berikut:

1. Berdasarkan data pemantuan instrumental dan visual yang dilakukan oleh BPPTKG per tanggal 21 Mei 2018 dan tanggal 3 Agustus 2018, status aktivitas Gunung Merapi saat ini dalam tingkat WASPADA.

2. Berdasarkan Surat Edaran Nomor : SE.250/BTNGM/TU/Ren/05/2018 tentang Penutupan Obyek Wisata di kawasan Taman Nasional Gunung Merapi bahwa Jalur pendakian via Selo maupun Sapuangging di tutup.

3. Pelanggaran atas ketentuan-ketentuan terkait pendakian Gunung Merapi akan diberikan sanksi.

Baca juga: Tinjau Korban Gempa Lombok, Jokowi Bertolak ke NTB

Kasi Gunung Merapi, BPPTKG Yogyakarta, Agus Budi Santoso menyampaikan, status Gunung Merapi belum berubah. Sampai saat ini, status Gunung Merapi masih Waspada (level 2).

"Status Gunung Merapi masih Waspada. Rekomendasi masih sama, radius 3 Km steril dari segala aktivitas, termasuk aktivitas pendakian," tegasnya. 

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X