Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Rangkaian Acara Peringatan KAA di Bandung

Kompas.com - 13/04/2018, 06:18 WIB
Dendi Ramdhani,
Reni Susanti

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Kota Bandung akan kembali menggelar Asia Africa Carnival 2018 yang merupakan kegiatan peringatan Konferensi Asia Afrika (KAA). Puncak acara akan dilaksanakan mulai 29 April 2018 di sepanjang Jalan Asia Afrika. 

Kepala Bidang Pemasaran Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung, Aswin Sulaeman menuturkan, acara yang keempat kalinya itu akan menghadirkan delegasi-delegasi dari negara tetangga. Secara keseluruhan, ada 74 peserta yang mendaftar AAC 2018.

“Secara internasional kita mengundang 109 negara peserta KAA. Tapi tidak semua bisa mengirimkan delegasi karena kendala waktu. Tapi kalau dari kota-kota se-Indonesia dan dari Bandung sendiri insya Allah banyak,” tutur Aswin dalam acara Bandung Menjawab di Taman Sejarah Balai Kota Bandung, Kamis (12/4/2018).

Para peserta nantinya akan melakukan karnaval di sepanjang 3,1 kilometer. Rutenya dari mulai Hotel Savoy Homan (Jalan Asia Afrika)- Banceuy-Cikapundung-Braga Pendek-Hotel Preanger. Acara akan dimulai pada pukul 09.00 WIB. Penutupan jalan berlaku selama acara berlangsung.

(Baca juga : Hadiri KAA, Jokowi dan Para Menteri Kompak Pakai Baju Adat ) 

Sementara itu Kepala UPT Museum Konferensi Asia Afrika (MKAA) Meinarti Fauzie mengungkapkan, rangkaian peringatan KAA itu telah dimulai sejak Maret 2018.

“Tanggal 18-31 Maret kita mengadakan lomba mewarnai tingkat TK dan SD secara online atau daring. Acara ini diikuti 543 peserta se-Indonesia. Pemenangnya telah diumumkan secara online juga pada tanggal 6 April yang lalu,” ucap Meinarti.

Pada 18 April nanti, sambung Meinarti, MKAA akan menggelar upacara penaikan bendera 109 negara-negara Asia Afrika dan bendera Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) oleh 400 Paskibraka Kota Bandung.

Pada 21 April 2018, MKAA kembali akan menggelar Bandung Historical Study Games.

“Sudah ada 120 kelompok yang mendaftar, berarti ada 600 orang peserta. Mereka akan berkeliling ke 20 titik bersejarah di Kota Bandung dimulai dari Gedung Dwi Warna,” katanya.

(Baca juga : ANRI: UNESCO Akui Arsip KAA sebagai Warisan Dunia )

Panitia juga akan melakukan jamuan teh dan bincang-bincang dengan para saksi sejarah dan relawan KAA tahun 1955 pada 23 April 2018 nanti. Salah satu yang akan hadir adalah Abah Landung, pegiat antikorupsi Indonesia yang juga pernah menjadi relawan pada KAA tahun 1955.

Rangkaian kegiatan akan ditutup dengan penurunan bendera 109 negara Asia Afrika dan Bendera PBB oleh 400 pramuka dari Kwartir Cabang Kota Bandung.

“Pada 23 Mei 2018 akan ada talkshow dengan Menteri Luar Negeri dan Sahabat MKAA yang juga akan dihadiri oleh mahasiswa di Kota Bandung,” jelasnya. 

Kompas TV Peringatan ke-62 KAA di Bandung
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com