Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Utang KAA Sudah Dibayar, Ridwan Kamil Akhirnya Bisa Lega

Kompas.com - 31/12/2015, 16:39 WIB
Kontributor Bandung, Dendi Ramdhani

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Setelah delapan bulan menunggak, pemerintah pusat akhirnya membayar utang sisa perhelatan Konferensi Asia Afrika ke-60 yang berlangsung pada April 2015 silam.

Wali Kota Bandung Ridwan Kamil mengatakan, pembayaran telah dilakukan tim dari Kementrian Keuangan, Rabu (30/12/2015) kemarin.

"Jadi kemarin saya ketemu tim Kementrian Keuangan saya tanda tangan dokumen hibah nilainya Rp 8,5 miliar untuk pembayaran utang," kata Emil, sapaan akrabnya, di Balai Kota Bandung, Kamis (31/12/2015).

Emil pun mengaku lega dengan hal tersebut. Pasalnya selama ini, dia mengaku malu lantaran kerap ditagih sejumlah event organizer.

"Jadi saya lega sekarang gak punya utang. Sudah ditransfer tadi pagi, sudah plong makanya menyambut tahun baru lebih happy nggak punya hutang. Tidak ada urusan lagi dengan pusat," ungkapnya.

Sebelumnya, penyelenggaraan KAA masih menyimpan masalah. Emil mengatakan, masih ada tunggakan lebih dari Rp 2 miliar yang harus segera dibayarkan.

Bahkan pada September 2015 lalu, keluhan itu sempatdisampaikan kepada Menteri Politik, Hukum dan Keamanan Luhut Binsar Panjaitan. Menurut Emil, belum dibayarnya utang tersebut lantaran rumitnya proses pencairan dana. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com