Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kementerian PUPR Bangun Stadion Mini di Perbatasan Indonesia-Timor Leste

Kompas.com - 08/08/2017, 11:48 WIB
Sigiranus Marutho Bere

Penulis

KEFAMENANU, KOMPAS.com - Bupati Timor Tengah Utara (TTU), Nusa Tenggara Timur (NTT), Raymundus Sau Fernandez mengatakan, saat ini di wilayahnya telah dibangun sebuah stadion sepak bola mini.

Stadion yang dibangun oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) itu, lanjut Raymundus, berada di Wini, Desa Humusu C, Kecamatan Insana Utara, yang berbatasan langsung dengan Distrik Oekusi, Timor Leste.

Baca juga: TTU Kembangkan Kawasan Ekonomi Khusus di Perbatasan Timor Leste

Menurut Raymundus, pembangunan lapangan sepak bola mini ini satu paket dengan jalan nasional di perbatasan yang telah dibangun oleh PT Hutama Karya.

Terkait pembangunan itu, Raymundus pun menyampaikan terima kasih kepada pemerintah pusat yang sudah memberi perhatian yang begitu besar untuk daerah perbatasan.

“Perhatian ini membuat kita di daerah perbatasan semakin merasa kita Indonesia,” kata Bupati TTU dua periode itu.

Raymundus mengatakan, semua fasilitas yang dibangun ini akan mendukung berbagai kegiatan, terutama di bidang olahraga untuk anak-anak muda yang ada di TTU.

Peletakan batu pertama pembangunan stadion mini itu dilakukan pada Juli 2017 lalu dan ditargetkan selesai pada Oktober 2017 mendatang.

“Saya sudah sampaikan kepada camat Insan Utara supaya tahun depan memanfaatkan fasilitas ini untuk menjadi sebuah pertandingan antar-tingkat SLTP, SLTA, dan juga antar-masyarakat,” ucap Raymundus.

Sementara itu, Manajer Teknis PT Hutama Karya (Persero) PIP Wini, Wayhu mengatakan, lahan yang digunakan untuk membangun stadion sepak bola mini di Wini itu seluas 3,3 hektar.

Wahyu yang didampingi staf teknis, Sudiono menjelaskan, proyek pembangunan infrastruktur permukiman (PIP) Wini tak hanya membangun stadion mini, tetapi juga mendirikan sarana olahraga lainnya, seperti lapangan bola voli dan basket serta atletik.

Selain itu, ada pula MCK, air bersih, sekretariat, kios, kantin, lopo, tempat parkir kendaraan roda dua dan roda empat, serta jalan lingkungan dan lampu jalan.

Baca juga: 7 Perusahaan Teken MoU Bangun Industri di Kawasan Ekonomi Khusus Palu

Pembangunan stadion mini menggunakan dana APBN Tahun Anggaran 2017 sebesar Rp 11 miliar lebih.

“Target kita, bulan Oktober pekerjaan ini sudah selesai, sehingga tahun depan program-program yang sudah direncanakan Pemerintah Kabupaten TTU itu bisa terlaksana. Anggaran termasuk dari total pekerjaan kita semua. Kalau stadion saja sekitar Rp 11 miliar hingga Rp 12 miliar,” jelasnya.

Hingga saat ini, lanjut Wahyu, realisasi pekerjaan fisik ruang terbuka hijau itu sudah mencapai kurang lebih 30 persen.

Kompas TV Polisi Gencar Berlatih Untuk Tangkal Ancaman Terorisme
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com