Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ombudsman Bali Panggil Disdik Soal Siswa Wajib Buka Pakaian untuk Periksa Tato

Kompas.com - 29/06/2017, 13:31 WIB
Kontributor Bali, Robinson Gamar

Penulis

DENPASAR, KOMPAS.com - Adanya ketentuan calon siswa dan siswi wajib membuka baju untuk pemeriksaan tato di SMKN 5 Jembrana menjadi perhatian khusus Ombudsman Republik Indonesia (ORI) Bali.

Ombudsman akan segera memanggil kepala dinas pendidikan Provinsi Bali untuk meminta penjelasan, apakah ada petunjuk teknis dari dinas pendidikan mengenai hal tersebut.

"Setelah libur, kami akan meminta klarifikasi dinas pendidikan provinsi apakah ada petunjuk teknis soal proses seleksi," kata ketua ORI Bali, Ibnu Umar Alkhatab pada Kamis (39/6/2017).

Juknis ini akan menjawab apakah proses seleksi penerimaan calon siswa dengan cara membuka baju dan celana telah sesuai juknis. "Harus ada juknisnya, jangan sampai berlebihan menerapkan aturan," ujar Umar.

(Baca juga: Dikritik, Seleksi Masuk SMK Wajibkan Calon Siswa Buka Pakaian untuk Periksa Tato)

 

Klarifikasi ini juga sekaligus untuk meminta penjelasan apakah aturan yang sama berlaku bagi seluruh sekolah atau hanya sekolah tertentu saja. Kalaupun hanya sekolah tertentu apakah harus sampai membuka baju sampai telanjang.

Umar menjelaskan, walaupun ketentuan mengenai membuka baju dan celana diberlakukan sejak sekolah tersebut berdiri tapi harus tetap disesuaikan dengan petunjuk teknis dinas pendidikan provinsi.

Sebab, penanggung jawab pengelolaan sekolah menengah atas atau setara telah beralih dari Kabupaten ke provinsi. Karena itu aturan lainnya perlu penyesuaian pula.

"Walaupun sudah berlaku sejak lama tidak lantas serta merta terus diberlakukan karena sudah ada pengalihan dari kabupaten ke provinsi," ucapnya.

(Baca juga: Kepala SMKN 5: Calon Siswa Memang Dilarang Punya Tato dan Tindik)

 

Proses seleksi di SMKN 5 Jembrana menuai kontroversi karena siswa tidak diperbolehkan bertato atau bertindik. Dalam proses verifikasi tidak bertato ini, sekolah mengeluarkan kebijakan siswa membuka baju dan celana untuk pemeriksaan. 

Kompas TV Seperti apa bentuk tato yang bisa bersuara ini?  
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com