Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS DAERAH

Implementasi Program BAAS, Bupati Tamba Bagikan Bahan Makanan Sehat untuk Anak Stunting

Kompas.com - 01/12/2023, 16:46 WIB
Dwi NH,
A P Sari

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Bupati Jembrana I Nengah Tamba bersama jajaran organisasi perangkat daerah (OPD) menyambangi sejumlah lokasi di wilayahnya dengan membawakan bahan makanan sehat untuk sejumlah anak dengan kondisi stunting, Jumat (1/12/2023).

Kegiatan yang bertujuan untuk mencukupi kebutuhan gizi anak itu dilakukan sebagai langkah sigap Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jembrana dalam merealisasikan program Bapak Asuh Anak Stunting (BAAS) guna menurunkan angka stunting di wilayahnya.

"Program BAAS ditujukan untuk anak-anak dengan kondisi stunting dan berasal dari keluarga kurang mampu,” ucap Tamba dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Jumat (1/12/2023).

Baca juga: UMP Naik, Apakah Iuran BPJS Ketenagakerjaan Januari 2024 Naik?

Bantuan yang disalurkan berasal dari iuran pribadi secara sukarela, baik dari pimpinan OPD maupun dari sektor swasta. Tujuan dari program ini adalah untuk mencukupi kebutuhan makan bergizi bagi anak-anak.

Program BAAS ditargetkan berlangsung selama enam bulan. Selama periode ini akan dilakukan pemantauan dan evaluasi secara rutin terhadap perkembangan anak-anak yang mendapat bantuan.

Dalam kesempatan tersebut, Tamba mengunjungi tiga keluarga yang memiliki anak dengan kondisi stunting.

Pertama, keluarga I Gede Ardana (44) dan Ika Susiana (40), orangtua dari I Komang Dana Anggara Putra (11 bulan) yang berstatus stunting atau kerdil di Banjar Pangkung Buluh, Desa Kaliakah, Kecamatan Negara, Kabupaten Jembrana.

Baca juga: Jembrana Kembali Raih Penghargaan Kabupaten Sehat, Bupati Tamba: Ini Kerja Keras Bersama

Kedua, mengunjungi rumah keluarga Putu Tagus Ardana dan Ni Kadek Ariani, orangtua dari I Kadek Sakara Adi Mahendra (3 tahun), yang berstatus stunting di Banjar Peh, Desa Kaliakah, Kecamatan Negara, Kabupaten Jembrana.

Keluarga ketiga yang dikunjungi Tamba adalah Ni Komang Ayu Setiawati, orangtua dari I Gede Pasek Putra Praditya (3,5 tahun) di Banjar Banyubiru, Desa Kaliakah, Kecamatan Negara, Kabupaten Jembrana.

Sementara itu, Wakil Bupati (Wabup) Patriana Krisna dan Sekretaris Daerah (Sekda) I Made Budiasa juga mendapat tugas sebagai bapak asuh mengunjungi anak stunting masing-masing yang berlokasi di Br Delod Bale Agung, Desa Mendoyo Dauh Tukad, dan Banjar Sombang Kaja, Desa Tukadaya.

 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com