Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2 Kubu Mahasiswa UIN Alauddin Makassar Tawuran di Dalam Kampus

Kompas.com - 15/05/2017, 22:00 WIB
Abdul Haq

Penulis

GOWA, KOMPAS.com - Ratusan mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar terlibat tawuran di dalam kampus. Tawuran terjadi di Kampus II Samata, Kecamatan Sombaopu, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan terjadi pada pukul 16.00-17.30 Wita, Senin (15/5/2017).

Tawuran yang melibatkan mahasiswa Jurusan Arsitek dengan Jurusan Perencanaan Wilayah Kota (PWK) Fakultas Teknik ini pecah di sekitar Gedung C UIN Alauddin Makassar. Mahasiswa terlibat saling serang menggunakan batu dan balok kayu.

"Sudah selesai mata kuliah mau pulang tapi tiba-tiba baku lempar," kata Reny, salah seorang mahasiswi.

Aksi saling serang ini berlanjut hingga ke lapangan terbuka. Bahkan, satpam kampus kewalahan melerai kedua kubu yang bertikai.

(Baca juga: Buntut Saling Ejek Saat Pawai, Mahasiswa Unsri Tawuran Massal)

 

Tawuran ini berhenti setelah puluhan personel Polres Gowa tiba di lokasi dan langsung melerai kedua kubu yang bertikai. Dalam tawuran ini, tujuh mahasiswa terluka terkena lemparan batu dan seorang mahasiswa yang diduga provokator diamankan polisi.

Pihak kampus sendiri belum mengetahui penyebab tawuran. Hingga kini pihaknya berusaha mendamaikan dengan cara dialog yang melibatkan kedua kubu.

"Satu Fakultas namun berbeda jurusan dan kami tidak akan meliburkan perkuliahan dan sementara kami carikan solusi untuk mencegah tawuran," kata Prof Dr Aisyah, Pembantu Rektor III Bidang Kemahasiswaan UIN Alauddin Makassar.

(Baca juga: Dipicu Rebutan Pacar, Siswa Dua SMA di Polewali Mandar Tawuran)

Untuk mencegah tawuran susulan, mahasiswa diperintahkan meninggalkan kampus. Selain itu puluhan polisi bersiaga di dalam kampus untuk mengantisipasi peristiwa yang tidak diinginkan.

"Anggota tetap kami siagakan di lokasi guna mengantisipasi tawuran susulan," tutur AKP Al Habsy, Kepala Satuan (Kasat Sabhara) Polres Gowa. 

Kompas TV Bentrok 2 Kelompok Pemuda di Ambon
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com