Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS DAERAH

Dukung Mahasiswa Berjiwa Wirausaha, Dompet Dhuafa Banten Resmikan Program Kantin Kontainer

Kompas.com - 11/12/2023, 11:01 WIB
Dwi NH,
A P Sari

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Dompet Dhuafa Banten menggelar grand launching Kantin Kontainer Universitas Islam Negeri  (UIN) Sultan Maulana Hasanuddin (SMH) Banten, Selasa (5/12/2023).

Kantin Kontainer merupakan program Beasiswa Entrepreneurship kolaborasi Dompet Dhuafa, Unit Pengelola Zakat dan Dana Kebajikan (UPZDK) Permata Bank Syariah, dan Fakultas Ekonomi Bisnis Islam (FEBI) UIN SMH Banten.

Peresmian Kantin Kontainer dilakukan setelah penandatangan nota kesepahaman atau memorandum of understanding (MoU) kerja sama program Kantin Kontainer pada Oktober 2023.

Peresmian tersebut dilaksanakan dengan simbolisasi penandatanganan prasasti kolaborasi dan pengguntingan pita oleh Rektor UIN SMH Banten Wawan Wahyuddin, Wakil Ketua UPZDK Permata Bank Syariah Awaludin Gumbira, dan Pimpinan Cabang Dompet Dhuafa Banten Mokhlas Pidono.

Baca juga: Dompet Dhuafa dan Duha Muslimwear Ajak 40 Anak Yatim Rekreasi ke Ancol

Dalam kegiatan itu, juga dihadiri oleh Dekan FEBI UIN SMH Banten Nihyatul Masykuroh, General Manager (GM) Pemberdayaan Ekonomi dan Kemandirian Dompet Dhuafa Udhi Tri Kurniawan, Perwakilan Dompet Dhuafa Banten, dan Dosen UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. Selain itu, terdapat juga penampilan kreativitas dari mahasiswa FEBI UIN SMH Banten.

Dalam kesempatan tersebut, GM Pemberdayaan Ekonomi Dompet Dhuafa Udhi Tri Kurniawan berharap, program Kantin Kontainer dapat memberikan banyak manfaat bagi mahasiswa.

"Dompet Dhuafa berharap program Kantin Kontainer dapat berikan banyak manfaat bagi mahasiswa-mahasiswa penerima manfaat dari program beasiswa entrepreneurship ini,” ujarnya dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Senin (11/12/2023).

Baca juga: Lewat Gubug Sinau, Dompet Dhuafa Hadirkan Wadah Mengaji bagi Lansia

Lebih lanjut, Udhi menyampaikan bahwa Dompet Dhuafa sudah menjalankan program Kantin Kontainer sejak 2016.

Dompet Dhuafa, kata dia, berkomitmen untuk terus membersamai dalam pengembangan Kantin Kontainer.

“Program Kantin Kontainer dimulai pertama kali pada 2016. Dompet Dhuafa berharap kolaborasi program ini dapat berjalan untuk jangka yang panjang, dan kami berjanji akan terus menemani perkembangan program Kantin Kontainer ini," imbuh Udhi.

Baca juga: Bahas Program Makan Siang Gratis, Gibran: Ini Gagasan Konkret, Bukan Retorika

Apresiasi dari berbagai pihak

Dompet Dhuafa Banten menggelar grand launching Kantin Kontainer Universitas Islam Negeri  (UIN) Sultan Maulana Hasanuddin (SMH) Banten, Selasa (5/12/2023).
DOK. Humas Dompet Dhuafa Dompet Dhuafa Banten menggelar grand launching Kantin Kontainer Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Maulana Hasanuddin (SMH) Banten, Selasa (5/12/2023).

Pada kesempatan yang sama, Dekan FEBI UIN SMH Banten Nihayatul Masykuroh mengucapkan terima kasih atas kolaborasi yang dilakukan.

Ia juga menyampaikan bahwa lulusan FEBI harus memiliki kemampuan untuk berwirausaha

"Terima kasih, mahasiswa FEBI penerima manfaat Kantin Kontainer diberikan bimbingan oleh Dompet Dhuafa untuk berwirausaha. Mahasiswa lulusan FEBI bukan hanya untuk berbisnis tapi juga harus memiliki kemampuan dalam berwirausaha,” ucap Nihayatul.

Sesaat sebelum peresmian Kantin Kontainer, Rektor UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten Wawan Wahyuddin menegaskan bahwa mahasiswa harus mengikuti teladan sifat Nabi Muhammad Shalallahu Alaihi Wassalam dalam melaksanakan muamalah dan menjalani kehidupan.

Baca juga: Sinopsis Boss Level, Kehidupan Membosankan Mantan Pasukan Elite Militer AS

"Mahasiswa harus menerapkan nilai-nilai Sidiq, Tabligh, Amanah, Fathonah (STAF) dalam menjalankan Kantin Kontainer. Semoga program kantin ini memberikan pengalaman wirausaha yang baik," tuturnya.

Sementara itu, Wakil Ketua UPZDK Permata Bank Syariah Awaludin Gumbira menekankan pentingnya menjalankan proses muamalah pada program Kantin Kontainer dengan nilai-nilai syariah yang sesuai dengan pedoman Islam.

"Program ini sudah sejalan dengan yang kita geluti dalam muamalah syariah. Semoga Kantin Kontainer ini dapat menjadi teladan dalam pelaksanaan muamalah dengan prinsip-prinsip dan hukum syariah," ujar Awaludin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com