Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tinggal Serumah, 6 Istri 1 Suami Berbagi Tugas Sama Rata

Kompas.com - 12/11/2015, 09:16 WIB
Kontributor Pontianak, Yohanes Kurnia Irawan

Penulis

NGABANG, KOMPAS.com - Keharmonisan yang terjalin dalam rumah tangga Joko Setyo Sunaryo alias Naryo mungkin patut diacungi jempol.

Meski tinggal serumah, enam istri Naryo, menurut pengakuan Naryo, tidak pernah terlibat masalah.

Sebelumnya, nama Naryo mendadak tenar lantaran diberitakan memiliki sembilan istri dan 16 anak.

Uniknya pula, dari sembilan istri tersebut, enam di antaranya tinggal dalam satu rumah. Dua sudah tidak ada, sedangkan satu lagi sedang menyelesaikan pendidikan kedokteran di Belanda.

Nah, di bawah satu atap itu, enam istri itu berbagi tugas dan pekerjaan dalam hal mengurus rumah, sama rata.

"Setiap malam sebelum tidur selalu musyawarah berbicara kepada semua istri supaya keesokan harinya bekerja secara bergantian dan saling membantu," kata Naryo.

Naryo yang ditemui akhir pekan lalu, mengatakan, aktivitas keseharian enam istrinya tersebut hanya mengurus rumah yang mereka tempati di Dusun Pulau Bendu, Desa Hilir Tengah, Kecamatan Ngabang, Kabupaten Landak, Kalimantan Barat.

Secara bergantian ada yang bertugas memasak, mencuci pakaian, dan berbagai pekerjaan rumah lainnya.

"Di dalam rumah tangga, makan juga sederhana, biasa-biasa saja seperti kebanyakan orang, tidak bermewah-mewahan," ujar pria berusia 38 tahun tersebut.

Masih kontrak
Yang juga mengejutkan, meski mampu membiayai sekian banyak istri, rumah yang ditempati Naryo saat ternyata bukan rumah milik pribadinya.

Rumah tersebut milik saudaranya, yang dipinjamkan dan dikontrak Naryo. "Ini rumah  kontrakan, dari tahun 2011 tinggal di sini" kata dia.

Meski demikian, Naryo tak menyebutkan secara detail 'kontrakan' yang dimaksud. 

Naryo juga mengaku memiliki sebuah rumah di Pontianak. Rumah tersebut pun saat ini ditempati oleh salah satu kerabatnya yang sedang melanjutkan pendidikan.

Rumah yang ditempati Naryo saat ini memiliki empat kamar tidur, tiga di antaranya digunakan untuk enam istrinya, sedangkan satu kamar lainnya khusus digunakan untuk tamu.

Rumah tersebut memiliki halaman yang luas di samping rumah. Sedangkan bagian depan rumah yang berdampingan dengan kamar digunakan sebagai ruang tamu dan keluarga.

Meski tinggal serumah dengan banyak istri, Naryo selalu mengaku tidak pernah ada masalah yang terjadi di antara istri-istrinya.

Baca Juga:

Ini Rahasia Naryo Jaga Keharmonisan Para Istrinya

Tak Mau Diajak Tinggal Serumah, Calon Istri Ke-10 Naryo Batal Dinikahi

Naryo Mengaku “Bercinta” dengan 6 Istri Sekaligus Dalam Satu Rumah

Punya 9 Istri dan Hidup Rukun, Naryo Bantah Pakai Pelet


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com