Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Rahasia Naryo Jaga Keharmonisan Para Istrinya

Kompas.com - 10/11/2015, 07:00 WIB
Kontributor Pontianak, Yohanes Kurnia Irawan

Penulis

NGABANG, KOMPAS.com – Menciptakan suasana harmonis hidup bersama keenam istrinya yang tinggal serumah bagi Naryo bukanlah hal yang sukar.

Salah satu rahasia Naryo dalam menjaga keharmonisan tersebut adalah dengan kejujuran yang penuh tanggung jawab.

“Setiap sebelum tidur selalu musyawarah, berbicara kepada semua istri supaya keesokan harinya bekerja secara bergantian dan saling membantu” kata Naryo, Sabtu (7/11/2015).

Rahasia tersebut, diakui Naryo diperolehnya dari seorang mahaguru.

“Nama guru saya Surya Suryaning Pangestu, biasa dipanggil Baginda Guru Sri Guru Maharaja. Beliau tidak dapat dilihat secara kasatmata, tapi beliau bisa melihat segalanya” tutur Naryo.

Naryo pun berbagi kutipan doa yang diterimanya dari sang guru tersebut. Namun kutipan tersebut tidak utuh, Naryo hanya mau membeberkan salah satu bagiannya saja.

Ayat yang ditulis tersebut belum selesai, masih ada awalan dan akhiran yang masih menjadi rahasia dan tidak ingin disebarkannya.

“ (Doa) Itu yang selalu saya bacakan setiap adakan pertemuan bersama anak dan istri. Agar mereka tidak ribut dan bertengkar” jelas Naryo.

Naryo memiliki sembilan orang istri dan dikaruniai 16 orang anak. Dari sembilan orang istri itu, enam orang di antaranya tinggal dalam satu rumah, dua sudah meninggal dunia, sedangkan satu lagi sedang menyelesaikan pendidikan kedokteran di Belanda.

Meski tinggal serumah dengan keenam istrinya, Naryo mengaku tidak pernah ada masalah yang terjadi diantara istrinya.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com