Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS DAERAH

Dipimpin Alfedri-Husni, Ini Sederet Penghargaan yang Diterima Pemkab Siak

Kompas.com - 22/11/2023, 11:14 WIB
Inang Sh ,
Mikhael Gewati

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Bupati Siak Alfedri dan Wakil Bupati Siak H Husni Merza berhasil mendulang berbagai penghargaan, baik daerah maupun nasional, selama menjalankan pemerintahan hingga saat ini.

Alfedri mengatakan, pihaknya menjalankan program pembangunan berkelanjutan sebaik mungkin bukan demi sepotong piala atau secarik piagam. 

Dia menegaskan, upaya-upaya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Siak selama ini adalah untuk meningkatkan kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat.

Oleh karenanya, pihaknya menggulirkan program-program yang menyentuh kebutuhan masyarakat, pelayanan terbaik dan maksimal serta pembangunan berkelanjutan di segala bidang.

“Penghargaan yang telah diraih patut kami syukuri. Penghargaan itu bukanlah tujuan, tetapi bonus dari pembangunan berkelanjutan yang terus kita gesa tanpa lelah, serta kerja keras perangkat dan dukungan masyarakat,” ungkapnya dalam siaran pers, Rabu (22/11/2023).

Pada Rabu (5/4/2023), Alfedri menerima penghargaan dari majalah Top Business kategori Top Pembina Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Awards 2023 di Ballroom Hotel Raffles, Jakarta

Baca juga: Temui Menperin, Bupati Siak Lapor Perkembangan Kawasan Industri Tanjung Buton

“Alhamdulillah, kami kembali menerima penghargaan kategori Top Pembina BUMD Awards 2023 dari majalah Top Business,” ungkapnya.

Alfredi mengatakan, penghargaan itu merupakan bentuk kepedulian kepada kepala daerah atas support dalam membina BUMD-nya.

Pada kesempatan itu, PT Bumi Siak Pusako (BSP) selaku BUMD di kabupaten Siak turut menerima penghargaan sebagai Top BUMD Bintang Empat. 

Bupati Siak Alfedri menyampaikan rasa syukurnya kepada Allah SWT atas prestasi yang telah diraih PT BSP. 

Ia berharap,  PT BSP bisa menjadi BUMD terdepan dan terus berkontribusi terhadap pembangunan dan kemajuan daerah.

Baca juga: Kejari Siak Sita Mobil, Tanah, hingga Ruko Tersangka Korupsi Pupuk Subsidi

Penghargaan itu diterima Direktur PT BSP Iskandar yang hadir di acara tersebut bersama yang i Bupati Siak Alfedri, Komisaris PT BSP Hendrisan, Corporate Secretary PT BSP Riky Hariansyah serta staff manajemen PT BSP. 

Penghargaan yang digelar Majalah Top Business tersebut mengusung tema “Inovasi dalam Membangun Kinerja Bisnis dan Layanan BUMD”.

Pada 4 Juli 2023, Alfedri mendapatkan penghargaan Mangga Karya Kencana (MKK) dari Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Hasto Wardoyo.

“Alhamdulillah, penghargaan ini kami dedikasikan kepada masyarakat kabupaten Siak yang telah ikut berpartisipasi untuk membantu program pemerintah,” katanya pada acara Hari Keluarga Nasional (Harganas) di aula Puri Agung Rumah Dinas Gubernur Sumatera Selatan.

Baca juga: Kapolsek di Siak Bawa Tahanan Korupsi ke Kebun Sawit, Kapolda: Bila Terbukti Menyalahi, Saya Tindak

Penghargaan tersebut diterima Alfedri dan istrinya karena dinilai berhasil menurunkan angka stunting dalam percepatan penurunan stunting di Indonesia. 

Untuk diketahui, istri Alfredi, yakni Rasidah meruapkan Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Siak. 

Rasidah dinilai berhasil memaksimalkan perannya melalui TP PKK Siak dan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Siak untuk menekan tingkat stunting.

“Penghargaan semacam itu tidak datang secara tiba-tiba, tetapi berkat kerja keras dan komitmen yang tinggi terhadap program keluarga berencana (KB) serta penurunan stunting di Kabupaten Siak," ucapnya.

Penghargaan MKK setidaknya menandakan terpenuhinya tiga indikator keberhasilan dalam penilaian, yakni penurunan stunting, capaian program mangga kencana, dan inovasi.

“Kami mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Dinas Pengendalian Penduduk, KB dan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKBP3A) Siak dan PKK kabupaten Siak yang telah menjalankan program KB dengan baik, turut serta dalam menurunkan angka stunting," kata Alfredi.

Baca juga: Karhutla di Kabupaten Siak Riau, Pemadaman dari Darat dan Udara

Penghargaan pelestarian lingkungan

Pada Oktober 2023, Alfedri dinilai berhasil menata dan melestarikan kota Pusaka serta melaksanakan Tempat Pengolahan Sampah Reduce-Reuse-Recycle (TPS3R). 

Keberhasilan tersebut diganjar penghargaan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Penghargaan itu diterima langsung Alfedri dari Menteri PUPR Basuki Hadimuljono pada malam puncak Hari Habitat Dunia dan Hari Kota Dunia (HHD-HKD 2023), di Auditorium Kementerian PUPR, Jakarta, Senin (30/10/2023). 

HHD-HKD 2023 yang ditetapkan UN-Habitat itu bertema “Resilient Urban Economies: Cities as Drivers of Growth and Recovery”. 

Dalam kegiatan bertajuk “Nasional Ekonomi Perkotaan yang Tangguh menuju Permukiman Berkelanjutan Untuk Semua", Alfedri sangat bersyukur atas penghargaan yang diterimanya. 

Ia mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam pembangunan Siak yang tangguh, berkelanjutan, dan inovatif. 

Baca juga: Kemendagri: Tak Ditemukan Jejak Kebocoran Data SIAK Dukcapil

Alfredi juga mengapresiasi upaya Kementerian PUPR dalam mendorong perkembangan kota-kota di Indonesia.

“Kami sangat bersyukur dan bangga atas penghargaan ini. Ini merupakan buah dari kerja keras kita bersama dalam melestarikan aset pusaka dan memanfaatkan cagar budaya untuk ekonomi kreatif," ujarnya.

Pada Maret 2023, Alfedri mendapat penghargaan di acara Baznas Award 2023 di Jakarta. Penghargaan itu diraih berkat keseriusannya mendukung pengelolaan zakat di Siak.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com