Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS DAERAH

Pimpin Upacara Peringatan HUT Ke-78 RI, Bupati HST Berpesan untuk Jaga Persatuan

Kompas.com - 17/08/2023, 19:03 WIB
Aningtias Jatmika,
Yohanes Enggar Harususilo

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Bupati Hulu Sungai Tengah (HST) Aulia Oktafiandi menjadi Inspektur Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-78 Republik Indonesia (RI) di Taman Dwi Warna Barabai, HST, Kalimantan Selatan (Kalsel), Kamis (17/8/2023).

Upacara juga dihadiri oleh Wakil Bupati HST, unsur forum koordinasi pimpinan daerah (Forkopimda) HST, Ketua Tim Pengerak (TP) Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) HST, Ketua Gerakan Organisasi Wanita (GOW) HST, Sekretaris Daerah (Sekda) HST, asisten Sekda HST, dan staf ahli bupati.

Kemudian, pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) HST, perwakilan Kementerian Agama (Kemenag) HST, perwakilan Pengadilan Agama HST, para veteran, serta pembakal, kepala desa (kades), dan lurah se-Kabupaten HST.

Hadir pula, kepala kantor instansi vertikal, pimpinan badan usaha milik negara (BUMN) dan badan usaha milik daerah (BUMD), Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) HST, perwakilan organisasi, siswa-siswi dari berbagai jenjang pendidikan, serta tamu undangan lain.

Detik-detik Proklamasi ditandai bunyi sirine selama 60 detik tepat pada pukul 10.00. Momen ini juga disambut oleh seruan dari sirine mobil-mobil di sekitar Taman Dwi Warna Barabai.

Sekretariat Daerah Kabupaten HST Muhammad Yani dengan khidmat membacakan naskah proklamasi. Sementara itu, Letnan Dua (Letda) Infanteri Fitri Widiyanto bertugas sebagai Komandan Upacara

Sebanyak 45 orang Pasukan Pengibar Bendera Merah Putih yang terdiri dari siswa-siswi terbaik dari berbagai sekolah di Kabupaten HST berhasil mengibarkan bendera Merah Putih dengan sigap dan langkah tegap.

Baca juga: Bupati HST Aulia Oktafiandi Mengukuhkan 45 Anggota Paskibraka Kabupaten HST

Tidak ada pidato khusus. Acara ini diisi dengan lagu-lagu perjuangan yang dibawakan Paduan Suara Murakata Young Music Club.

Secara simbolis, Bupati Aulia selaku Inspektur Upacara menyerahkan Satyalancana Karya Satya kepada aparatur sipil negara (ASN) yang telah berbakti selama 10, 20, dan 30 tahun.

Setelah upacara, Bupati Aulia berfoto bersama dan melakukan prosesi penyerahan remisi tahanan. Rangkaian acara dilanjutkan dengan ramah tamah di Pendopo HST.

Di sela-sela ramah tamah, Bupati Aulia berpesan kepada seluruh ASN, Tentara Nasional Indonesia (TNI), Kepolisian Negara Republik Indonesia, dan perangkat desa agar menjadikan peringatan kemerdekaan sebagai momentum untuk lebih meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat.

"Mari kita jaga integritas, loyalitas, komitmen, dan kualitas diri untuk menjalankan roda pemerintahan,” ujar Bupati Aulia.

Dia juga berpesan kepada masyarakat untuk mempertahankan persatuan dan kesatuan serta menghargai keberagaman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com