Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS DAERAH

Pemprov Jatim Raih 2 Penghargaan DEN 2022, Khofifah: Bukti Kami Dukung Net Zero Emission 2060

Kompas.com - 24/10/2022, 15:31 WIB
Inang Sh ,
A P Sari

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa mengatakan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jatim terus berupaya mendukung program Group of Twenty (G20) untuk mewujudkan Net Zero Emission pada 2060.

Atas upaya tersebut, Pemprov Jatim mendapatkan dua penghargaan dalam Anugerah Dewan Energi Nasional (DEN) Tahun 2022.

"Ini menjadi bukti komitmen Pemprov Jatim dalam mendukung Net Zero Emission 2060 melalui pengembangan energi ramah lingkungan (green energy) dan pemanfaatan energi baru terbarukan (EBT).

“Berbagai upaya mengembangkan EBT dan berbagai transisi energi dari energi fosil ke energi baru terbarukan. Inilah yang  diimplementasikan melalui Peraturan Daerah (Perda) Rencana Umum Energi Daerah (RUED) di Jatim termasuk peraturan-peraturan turunannya,” katanya.

Dia mengatakan itu dalam acara Resepsi Anugerah DEN 2022 di Auditorium Binakarna Hotel Bidakara Jakarta, Jumat (21/10/2022) malam.

Baca juga: Pemprov Jatim Beri Santunan ke Ahli Waris Korban Kerusuhan Kanjuruhan

Khofifah mengatakan, Pemprov Jatim terus melakukan percepatan Kebijakan Transisi Energi yang diimplementasikan melalui berbagai kegiatan.

Salah satunya dengan kampanye pelaksanaan transisi energi melalui sinergi dan kontribusi stakeholder energi di Jatmi, seperti Pertamina, PT PGN, PT PLN, SKK Migas Jabanusa, PJB, dan Perguruan Tinggi.

Upaya transisi energi yang telah dilakukan Pemprov Jatim salah satunya mendorong penggunaan kendaraan energi ramah lingkungan atau energi listrik.

Tahun ini, pertumbuhan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) di Jatim telah mencapai 1.877 unit.

Jumlah tersebut meningkat dari 2021 yang tercatat sebanyak 1.690 unit dan tahun 2020 sebanyak 903 unit.

Baca juga: Pemprov Jatim Raih Anugerah Kualitas JPT, Khofifah: Jadi Motivasi Terapkan Sistem Meritokrasi

“Pertumbuhan jumlah KBLBB ini didorong atas berbagai intervensi pemerintah, antara lain pemberian insentif pajak kendaraan bermotor hingga 90 persen,” katanya dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Senin (24/10/2022).

Selain itu, kata Khofifah, di Jatim juga telah tersedia fasilitas Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di 19 titik lokasi.

Dia juga mengatakan, transisi energi diwujudkan dalam pembangunan jaringan gas (jargas) kota. Tercatat, sebanyak 197.724 sambungan rumah (SR) telah menggunakan jargas di Jatim sekaligus menjadi yang terbanyak di Indonesia.

“Kami terus mengkampanyekan penggunaan energi ramah lingkungan dan berbagai transisi energi. Di beberapa daerah, kami beberapa kali turun mengampanyekan motor listrik," jelasnya.

Adapun penghargaan yang diraih Pemprov Jatim adalah juara satu kategori Daerah Terbaik Implementasi Perda RUED: “Implementasi Kebijakan dan Regulasi Turunan Perda RUED”.

Baca juga: Khofifah dan Dubes Swedia Bahas Rencana Investasi Sektor Transportasi Ramah Lingkungan

Halaman:
Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com