Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS DAERAH

Kontingen Papua Dilepas ke Peparnas XVI, Gubernur Enembe: Atlet Disabilitas Bisa Capai Hasil Tertinggi

Kompas.com - 30/10/2021, 09:32 WIB
Tim Konten,
A P Sari

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Gubernur Papua Lukas Enembe secara resmi melepas kontingen Papua untuk mengikuti Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI 2021 di Stadion Lukas Enembe, Kabupaten Jayapura, Jumat (29/10/2021).

Pelaksanaan Peparnas XVI menurutnya merupakan bagian dari usaha pemerintah Papua dalam mewujudkan kesamaan hak di kancah olahraga bagi kaum disabilitas.

Ia juga menyebutkan bahwa para atlet disabilitas Indonesia menjadi salah satu penyumbang prestasi di kancah internasional. Hal tersebut membuktikan bahwa keterbatasan fisik tidak menghalangi seseorang untuk meraih prestasi cemerlang.

"Sudah banyak bukti bahwa atlet dengan disabilitas dapat mencapai hasil tertinggi dalam dunia olahraga, bahkan melebihi atlet nondisabilitas," kata Lukas melalui keterangan resmi, dikutip Kompas.com, Sabtu (30/10/2021).

Baca juga: Peringati Sumpah Pemuda, Pemprov Papua Minta Milenial Bantu Perekonomian Daerah

Guna mendukung prestasi para atlet di ajang Peparnas XVI, Lukas mengungkapkan bahwa Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua akan menyediakan bonus bagi para atlet yang berhasil mencatatkan prestasi di ajang tersebut.

Untuk itu, ia berharap agar para atlet Papua sebagai tuan rumah mampu memberikan performa terbaik dan mencetak prestasi di berbagai ajang kompetisi mendatang.

“Pemprov Papua akan memperhatikan prestasi puncak yang saudara-saudara (para atlet) capai melalui kebijakan khusus," tutup Lukas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com