Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS DAERAH

Catatan Prestasi Kota Tangsel yang Kini Merayakan HUT Ke-15

Kompas.com - 26/11/2023, 20:22 WIB
Hotria Mariana,
Sri Noviyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-15 Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Pemerintah Kota (Pemkot) Tangsel menggelar Rapat Paripurna di Gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Tangsel, Minggu (26/11/2023).

Pada kesempatan itu, Wali Kota Tangsel Benyamin Davnie menyampaikan berbagai keberhasilan dan capaian prestasi yang telah diraih Kota Tangsel selama 2023.

Dari segi perekonomian, laju pertumbuhan ekonomi daerah tersebut tercatat terus meningkat. Pada triwulan II 2023, misalnya, mencapai Rp 5,82 triliun. Hal ini didukung kenaikan jumlah investor Berdasarkan data investasi Penanaman Modal Asing (PMA) dan Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) kenaikannya dari 4,65 triliun menjadi 5,97 triliun pada triwulan III 2023.

Kemudian, dari sisi pembangunan manusia, terjadi kenaikan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) dari 81,60 menjadi 81,95. Capaian tersebut didukung oleh peningkatan angka rata-rata lama sekolah, harapan lama sekolah, angka harapan hidup, dan pendapatan per kapita per tahun.

Baca juga: Sukses Digelar, Tangsel Marathon 2023 Diikuti 5.000 Peserta

Pada bidang pendidikan, angka partisipasi sekolah usia 7-12 tahun tercatat pada angka 99,72 persen, sementara pada usia 13-15 tahun tercatat di angka 98,26 persen. Pemerintah Kota Tangsel terus mendorong peningkatan angka partisipasi sekolah untuk usia 15-18 tahun agar mencapai lebih dari 90 persen.

“Pendidikan adalah isu strategis yang harus terus didorong agar capaiannya bisa menjadi 100 persen,” ujar Benyamin dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Minggu.

Di bidang ketenagakerjaan, tingkat pengangguran terbuka tercatat turun dari 6,59 persen menjadi 5,81 persen. Pemerintah Kota Tangsel terus berupaya meningkatkan rasio penduduk yang bekerja agar mencapai angka di atas 95 persen.

Mampu merealisasikan sejumlah program pembangunan

Benyamin mengatakan, berbagai dukungan yang masuk membuat Kota Tangsel mampu merealisasikan sejumlah program pembangunan strategis. Berikut adalah ulasannya.

  1. Pembangunan tiga unit prasarana sekolah menengah pertama (SMP) dan dua unit sekolah dasar (SD).
  2. Peningkatan kualitas 95 unit prasarana SD dan delapan unit prasarana SMP.
  3. Pemberian bantuan biaya pendidikan kepada 1.000 siswa SD, 2.658 siswa SMP, dan 3.120 siswa SMP swasta.
  4. Pemberian Bantuan Operasional Sekolah Daerah (BOSDA) kepada 77.852 siswa SD dan 24.584 siswa SMP.
  5. Peningkatan pelayanan kesehatan melalui program “Ngider Sehat” dengan jumlah armada sebanyak 54 tim.
  6. Peningkatan kompetensi sumber daya manusia (SDM) komunikasi dan informatika melalui program “Digital Talent Scholarship” yang bekerja sama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) sejak 2022 dan ditargetnya menjangkau 17.500 orang pada 2024.
  7. Peningkatan kualitas jalan kota sepanjang 11,88 km, jalur pedestarian sepanjang 1.882 m, drainase kota yang terintegrasi, jalan lingkungan sepanjang 98,83 km, dan mengurai titik kemacetan dari total 37 titik.
  8. Peningkatan kualitas 395 unit rumah tidak layak huni menjadi layak dan pemberian sanitasi layak kepada 1.800 rumah tangga dalam upaya menurunkan angka buang air besar terbuka.
  9. Pembangunan kawasan perkantoran baru di Jalan Promoter yang akan digunakan enam perangkat daerah, termasuk Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A).
  10. Pembangunan tempat berinteraksi masyarakat berupa community center di Kecamatan Pondok Aren dan Taman Roda Link Villa Melati Mas di Kecamatan Serpong Utara.
  11. Peningkatan fasilitas Taman Kota 1 dan pemasangan sebanyak 7.041 titik penerangan jalan umum (PJU) yang tersebar di tujuh kecamatan.
  12. Penanganan masalah banjir dengan pembangunan turap sepanjang 10.959 m, pembangunan tandon atau kolam retensi sebanyak 6 titik, serta pembangunan dan pemeliharaan drainase kota dan lingkungan sepanjang 90,64 km.
  13. Peningkatan kualitas lingkungan dan pemberdayaan masyarakat di kelurahan melalui anggaran sebesar Rp 32,4 miliar.
  14. Program padat karya, peningkatan kompetensi tenaga kerja pariwisata, dan para pelaku ekonomi kreatif memiliki sertifikat dari lembaga sertifikasi.
  15. Fasilitasi penerbitan sertifikat halal terhadap produk komersial.
  16. Program RW Mandiri Tahan Pangan (Mantap) di 14 lokasi dengan empat lokasi di antaranya sudah melakukan panen.
  17. Akses kemudahan WiFi gratis di fasilitas publik untuk masyarakat dengan jumlah keseluruhan 1.000 titik, termasuk penambahan 343 titik pada 2023.

Torehkan prestasi

Selain pembangunan, Pemkot Tangsel juga berhasil menorehkan sejumlah prestasi. Sebut saja, Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) ke-11 dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), Treasury Award untuk Satuan Kerja dan Pemerintah Daerah Terbaik pada 2022 dari Kanwil DJP Provinsi Banten, dan juara kedua Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten/Kota dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten.

Baca juga: Pemkot Tangsel Bentuk Satgas Pencegahan dan Penanganan Kekerasan di Sekolah, Ini Fungsinya

Kemudian, ada pula penghargaan Universitas Health Coverage dari Kementerian Kesehatan, Implementasi Rekap Norma, Standar, Prosedur, dan Kriteria (NSPK) Manajemen Aparatur Sipil Negara (ASN) Terbaik dan Capaian Pengembangan Kompetensi dari Badan Kepegawaian Negara (BKN), Karya Bakti Satpol PP dari Kementerian Dalam Negeri, predikat sebagai Kota Layak Anak, Badan Publik Informatif Peringkat Pertama se-Provinsi Banten, Daerah Peduli Pelayanan Publik Dan Daerah Tertib Ukur dari Kemendag RI.

Benyamin mengatakan bahwa berbagai keberhasilan dan capaian tersebut berkat kolaborasi yang dibangun di Kota Tangsel. Ia mengajak seluruh masyarakat untuk terus menjaga keharmonisan, sinergi, dan kebersamaan dalam menyukseskan berbagai program untuk kemajuan daerah dan kesejahteraan masyarakatnya.

"Sekali lagi, hal ini merupakan hasil kolaborasi yang harus dijaga untuk keberlanjutan pembangunan menuju Kota Tangsel yang cerdas, modern, religius dalam kerangka kesejahteraan," ujarnya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com