Salatiga Akan Siapkan Layanan Antar Jemput Lansia yang Akan Divaksin

Kompas.com - 08/04/2021, 23:15 WIB
Wali Kota Salatiga Yuliyanto mencoba mobil operasional Jogo Tonggo KOMPAS.com/IstWali Kota Salatiga Yuliyanto mencoba mobil operasional Jogo Tonggo

SALATIGA, KOMPAS.com - Pemerintah Kota Salatiga akan menyediakan layanan antar jemput untuk warga lanjut usia (lansia) yang akan menjalani vaksinasi Covid-19.

Wali Kota Salatiga Yuliyanto mengatakan, pelayanan antar jemput ini sendiri baru dilaksanakan di Kecamatan Argomulyo.

“Gugus Tugas Covid-19 Kecamatan Argomulyo harus mengoptimalkan penanganan pandemi Covid-19, kami berharap akan ada dampak yang signifikan dalam upaya pencegahan penularan Covid-19 di Kota Salatiga," jelasnya saat peluncuran mobil operasional Jogo Tonggo di kantor Kecamatan Argomulyo, Kamis (8/4/2021).

Baca juga: Persiapan Uji Coba PTM, Dinkes Salatiga Percepat Vaksinasi Ratusan Guru

Yuliyanto berharap, dengan adanya mobil operasional jogo tonggo ini dapat membantu program vaksinasi Covid-19 untuk lansia di Salatiga.

Selain melayani antar jemput lansia untuk vaksin, mobil operasional jogo tonggo bisa digunakan untuk penyaluran bantuan sembako kepada warga terdampak.

"Selain itu, di dalam mobil Jogo Tonggo ini juga terdapat masker, multivitamin serta Alat Pelindung Diri (APD) yang dapat digunakan," kata Yuliyanto.

Menurut Yuliyanto, mobil operasional Jogo Tonggo ini juga diharapkan dapat membantu melindungi kesehatan dan keselamatan masyarakat dengan aktif melakukan edukasi, sosialisasi serta monitoring pelaksanaan upaya pencegahan Covid-19.

"Sehingga masyarakat dapat melaksanakan ibadah di bulan Ramadhan dengan baik dan tetap sehat," ungkapnya.

Baca juga: Mei, UKSW Salatiga Mulai Perkuliahan Luring Terbatas

Ia berpesan, kepada Satgas Jogo Tonggo untuk menjaga kesehatan dan keselamatan pribadi.

Terlebih, ada kelurahan yang melakukan prosedur pemakaman jenazah pasien positif Covid-19 secara mandiri.

“Pemberian vitamin dan APD dapat bermanfaat bagi anggota Satgas Jogo Tonggo di Kecamatan Argomulyo dalam melaksanakan tugas sehari-hari berkaitan dengan pencegahan penyebaran Covid-19," terangnya.

Sementara itu, Lurah Tegalrejo Titin Eka Novia menambahkan, adanya bantuan mobil operasional tersebut akan mengoptimalkan pelayanan kepada masyarakat.

"Tentu masyarakat akan terbantu dengan adanya mobil tersebut," ungkapnya.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X