Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kasus Covid-19 Dinilai Terkendali, 3 Sekolah di Banyumas Uji Coba Belajar Tatap Muka

Kompas.com - 20/10/2020, 13:48 WIB
Fadlan Mukhtar Zain,
Teuku Muhammad Valdy Arief

Tim Redaksi

BANYUMAS, KOMPAS.com - Tiga sekolah di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, pekan ini mulai menguji coba pembelajaran tatap muka.

Pasalnya berdasarkan hasil evaluasi, penyebaran virus corona (Covid-19) di Kabupaten Banyumas sejak beberapa pekan terakhir dianggap mulai terkendali.

Bupati Banyumas Achmad Husein mengatakan, ketiga sekolah tersebut yaitu, SMA Negeri 3 Purwokerto, SMP Negeri 6 Purwokerto dan SD Negeri Panembangan.

"Sekarang baru tiga sekolah, lalu tunggu dua minggu. Kalau tidak ada masalah selanjutnya akan ditambah lagi," kata Husein saat meninjau di SD Negeri Panembangan, Kecamatan Cilongok, Kabupaten Banyumas, Selasa (20/10/2020).

Baca juga: Bupati Banyumas Uji Coba Minyak Kayu Putih untuk Terapi Covid-19

Menurut Husein, ketiga sekolah tersebut dianggap yang paling siap menggelar pembelajaran tatap muka dengan menerapkan protokol kesehatan.

Husein mengatakan, siswa yang mengikuti pembelajaran tatap muka harus mendapat izin dari orangtuanya. Selain itu, siswa juga harus dipastikan dalam kondisi sehat.

"Kalau anak akan belajar tatap muka, maka pastikan tidak ada komorbid berat dalam satu rumah tersebut. Kalau ada orangtua dengan komorbid berat tidak diperkenankan sekolah tatap muka dulu," jelas Husein.

Kepala SD Negeri Panembangan Poppy Andhi Utami mengatakan, utk tahap uji coba ini pembelajaran tatap muka hanya diberlakukan untuk siswa kelas 4, 5, dan 6.

Baca juga: Gelang Merah Jambu, Pelindung Lansia dari Covid-19

Sementara siswa kelas 1, 2, dan 3 tetap belajar secara daring.

"Masing-masing kelas ada dua rombongan belajar. Masing-masing kelas maksimal 10 sampai 12 anak yang hadir dan betul-betul dalam kondisi sehat," jelas Poppy.

Sebelum masuk, siswa akan dicek suhu tubuh dan diwawancara mengenai kondisi kesehatan dan riwayat perjalanan. Siswa juga diberi edukasi mengenai pencegahan Covid-19.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com