Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kawal Penerapan Protokol Kesehatan di Perusahaan, Apindo Karawang Bentuk Satgas Covid-19

Kompas.com - 07/10/2020, 18:07 WIB
Farida Farhan,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

KARAWANG, KOMPAS.com - Para pengusaha yang tergabung dalam Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Karawang membentuk Satuan Tugas (Tugas) Covid-19. Tujuannya memastikan penerapan protokol kesehatan Covid-19 di lingkungan perusahaan.

Ketua Apindo Karawang Abdul Syukur mengatakan, Satgas Covid-19 perusahaan diperlukan untuk menyiapkan personel dan peralatan guna mengantisipasi dan menangani wabah Covid-19 jika terjadi di lingkungan kerja. Satgas ini terdiri atas perwakilan karyawan dari 200 perusahaan yang tergabung dalam Apindo.

"Sesuai dengan surat edaran bupati bahwasanya perusahaan harus memiliki satuan tugas penanganan Covid-19, maka kami berinisiasi membentuk satgas yang sebelumnya telah didiskusikan juga bersama pihak Dinkes Karawang," kata Abdul di Kantor Apindo Karawang, Rabu (7/10/2020).

Baca juga: Hari Kedua Mogok Nasional Tolak UU Cipta Kerja, Buruh di Karawang Gelar Konvoi

Satgas tersebut, kata Abdul, bertugas mengawasi operasional penanganan Covid-19 dan mengerahkan sumber daya untuk menangani percepatan pelaksanaan kegiatan pencegahan dan pengendalian wabah tersebut.

Satgas juga harus melaporkan pelaksanaan kegiatan secara berkala kepada Dinas Kesehatan Karawang.

"Setelah struktur organisasi dibentuk maka kami akan mendidik para anggota perwakilan 1 orang dari setiap perusahaan yang nantinya akan dibimbing, diberikan pelatihan dan diberikan sertifikat," ujar Abdul.

Baca juga: Minta UU Cipta Kerja Dicabut, 200.000 Buruh di Karawang Ikut Aksi Mogok Nasional

Ia berharap anggota yang telah dilatih memahami alur jika menemukan kasus Covid-19 di perusahaannya.

Sebagai bentuk kepedulian terhadap penanganan virus corona, Apindo juga menyerahkan bantuan Coorporate Social Responsibilty (CSR) sebesar Rp 101 juta dalam bentuk 200 KIT Reagen PCR. Bantuan itu diterima secara simbolis oleh Pejabat sementara (Pjs) Bupati Karawang, Yerry Yanuar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com