Euforia "New Normal", Bupati Banyumas: Kita Harus Ngerem

Kompas.com - 06/07/2020, 11:46 WIB
Bupati Banyumas Achmad Husein di GOR Satria Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Senin (6/7/2020). KOMPAS.COM/FADLAN MUKHTAR ZAINBupati Banyumas Achmad Husein di GOR Satria Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Senin (6/7/2020).

PURWOKERTO, KOMPAS.com - Di tengah pandemi virus corona (Covid-19), aktivitas masyarakat di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah kembali meningkat sejak beberapa waktu terakhir.

Bupati Banyumas Achmad Husein mengingatkan masyarakat agar tidak terjebak dalam euforia karena saat ini masih dalam tahap persiapan menuju tatanan " new normal" atau kenormalan baru.

"Euforia masyarakat itu, seperti malam minggu kemarin (di Alun-alun Purwokerto) tidak terkontrol," kata Husein seusai seusai pelantikan prejabat di GOR Satria Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Senin (6/7/2020).

Baca juga: Masuk Banyumas, Pendatang Wajib Jalani Karantina di GOR Satria dan Tes Swab

Padahal hingga saat ini pemkab belum membuka kembali Alun-alun Purwokerto untuk masyarakat umum, termasuk fasilitas publik lainnya.

Pemkab rencananya akan membuka ruang publik secara bertahap menyesuaikan kondisi kasus Covid-19.

"Makanya kita tutup di situ, supaya tidak penuh, terlalu euforia, kita harus ngerem, tidak bisa dibiarkan," tegas Husein.

Menurut Husein, di kompleks alun-alun setiap malam ditempatkan sebanyak 12 anggota Satpol PP.

"Biasanya ditegur sama anggota Satpol PP agar pakai masker dan jaga jarak. Tapi anggota Satpol PP pergi nanti dilepas lagi maskernya," ujar Husein.

Baca juga: Kasus Positif Corona Terus Bertambah, GOR Satria Purwokerto Kembali Difungsikan Jadi Tempat Karantina

Sementara itu, hingga saat ini pemkab terus melakukan tes swab massal. Sasarannya yaitu kalangan ASN, pejabat dan masyarakat umum.

Husein menargetkan dapat mengambil sampel swab terhadap 24.000 orang.

"Hasilnya masih diolah Dinas Kesehatan, nanti kalau sudah lengkap akan kita umumkan," kata Husein.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X