Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Ular Weling Ukuran 1 Meter Masuk Rumah, Penghuni Langsung Panik

Kompas.com - 05/06/2020, 15:46 WIB
Aam Aminullah,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

SUMEDANG, KOMPAS.com - Dua ekor ular weling masuk ke dalam rumah Yayat (54), di Jalan Kebon Kol, Gang AT Taufiq, RT 03/03, Kelurahan Regol Wetan, Kecamatan Sumedang Selatan, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Kamis (4/6/2020) malam.

Dua ekor ular bernama latin Bungarus Candidus ini membuat seisi rumah panik dan melaporkan kejadian ini kepada Damkar, Linmas dan Satpol PP Kabupaten Sumedang.

Kepala Satpol PP, Damkar, dan Linmas Kabupaten Sumedang Bambang Rianto mengatakan 2 ular weling tersebut masuk ke dalam rumah pasca-hujan lebat mengguyur wilayah Sumedang.

"Diduga 2 ekor ular tersebut berasal dari Sungai Cipeles dan naik ke atas ketika hujan turun," ujar Bambang kepada Kompas.com melalui WhatsApp, Jumat (5/6/2020).

Baca juga: Korban Ular Weling dan King Kobra Berjatuhan, Jawa Barat Kekurangan Antibisa Ular

Damkar Sumedang, kata Bambang, menerima laporan dari pemilik rumah sekitar pukul 20.00 WIB, dan 2 ular weling tersebut berhasil dievakuasi satu jam berselang.

"Panjang 2 ular tersebut rata-rata sekitar 1 meter, ukuran ularnya memang kecil namun berbisa," tutur Bambang.

Bambang menuturkan, 2 ekor ular weling tersebut juga cukup agresif sehingga menyulitkan petugas saat evakuasi.

Baca juga: Kisah Pilu Rusmiati, Anak Balitanya Tewas karena Gigitan Ular Weling, Dikira Tidur Ternyata Koma

"Alhamdulillah, satu jam kemudian anggota kami berhasil mengevakuasi kedua ular tersebut. Tidak ada yang terluka, penghuni rumah juga aman, hanya sempat panik saja karena melihat ular sudah berada di dalam rumah," sebut Bambang.

Bambang menambahkan, setelah dievakuasi kedua ular tersebut diamankan dan diserahkan kepada para pecinta reptil di Kabupaten Sumedang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com