Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Antisipasi Warga Mudik, Polisi Dirikan 60 Pospam di Akses Keluar Masuk Riau

Kompas.com - 25/04/2020, 23:02 WIB
Idon Tanjung,
Khairina

Tim Redaksi

PEKANBARU, KOMPAS.com - Pemerintah melarang masyarakat mudik lebaran tahun ini demi mencegah penyebaran virus corona atau Covid-19.

Di Provinsi Riau, kepolisian mendirikan pos pengamanan (pospam) pada akses keluar masuk untuk mengantisipasi warga mudik.

Antisipasi warga mudik ini, dilakukan kepolisian daerah (Polda) Riau dalam Operasi Ketupat Muara Takus 2020. 

Baca juga: Selama PSBB, Pemkot Tegal Ratusan Lampu Penerangan Jalan Dipadamkan

Direktur Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Riau Kombes Pol Ping Pringadi mengatakan, operasi tersebut sudah berjalan sejak Jumat 14 April dan berlangsung hingga 37 hari ke depan.

"Operasi Ketupat Muara Takus, Polda Riau mendirikan 60 pospam dan kekuatan 1.020 personel gabungan dari kepolisian, TNI, Satpol PP, Dinas Perhubungan, Dinas  Kesehatan dan lainnya," kata Pringadi dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Sabtu (25/4/2020).

Dia merincikan, 60 pospam tersebar di 12 kabupaten dan kota di Riau. 

Di Kota Pekanbaru 5 pospam, Kota Dumai 5 pospam, Kabupaten Bengkalis 6 pospam, Rokan Hulu 7 pospam, Pelalawan  4 pospam, Rokan Hilir 3 pospam, Indragiri Hilir 5 pospam, Siak 5 pospam, Indragiri Hulu 4 pospam, Kampar 4 pospam, Kuantan Singingi 3 pospam, dan Kabupaten Kepulauan Meranti 4 pospam.

Kemudian, jumlah personel gabungan dari jajaran Polda Riau 390 personel, 245 TNI, 204 petugas kesehatan, 239 Dinas Perhubungan, 273 Satpol PP dan 176 mitra Bhabinkamtibmas.

Selain itu, sambung Pringadi, personel Ditlantas Polda Riau sendiri juga akan melakukan back up 20 personel per posko di empat titik perbatasan.

Empat titik perbatasan, yakni di Kabupaten Kampar berbatasan dengan Kabupaten Limapuluh Kota, Sumbar, Kabupaten Kuantan Singingi berbatasan dengan Kabupaten Sijunjung, Sumbar, di Rokan Hilir berbatasan dengan Sumut dan Kabupaten Indragiri Hilir berbatasan dengan Jambi.

Baca juga: Bandara SSK II Pekanbaru Tutup Penerbangan Penumpang 25 April-1 Juni

Dalam operasi ini, aparat akan melakukan penjagaan ketat di pintu keluar masuk wilayah Riau untuk mencegah warga mudik.

"Dalam operasi ini, kami akan lebih fokus kepada upaya menjalankan instruksi pemerintah dalam memutus mata rantai penyebaran covid-19. Terutama antisipasi dan menindaklanjuti kebijakan pemerintah untuk larangan mudik bagi masyarakat dan physical distancing (jaga jarak) serta penggunaan masker," ucap Pringadi.

Pihaknya juga mengimbau masyarakat  untuk menunda mudik supaya dapat mengurangi penyebaran virus corona.

"Untuk memutus mata rantai penyebaran virus, ini perlu dilakukan bersama-sama demi keselamatan diri, keluarga dan masyarakat semuanya," kata Pringadi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com