Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cegah Corona, Kapal yang Bersandar di Pelabuhan Makassar Disemprot Disinfektan

Kompas.com - 17/03/2020, 13:46 WIB
Himawan,
Dony Aprian

Tim Redaksi

MAKASSAR, KOMPAS.com - Pihak otoritas pelabuhan Soekarno Hatta Makassar rutin penyemprotan disinfektan kepada seluruh kapal yang bersandar. 

Terakhir, seluruh sisi Kapal Pelni KM Lambelu usai berlayar dari perbatasan Malaysia tak luput penyemprotan disinfektan oleh petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Makassar, Selasa (17/3/20280) dini hari.

Baca juga: TK hingga SMP di Makassar Diliburkan, PNS Tetap Kerja

Kepala Wilayah Kerja Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas I Makassar Imran Ruslan menuturkan, penyemprotan tersebut bertujuan mencegah penyebaran virus corona masuk ke wilayah Makassar.

"Kami melakukan penyemprotan disinfektan di atas kapal yang kerap dihuni para penumpang sehingga bisa mencegah penyebaran virus corona," ujar Imran saat diwawancara wartawan di pelabuhan.

Selain menyemprot cairan disinfektan, kata dia, seluruh penumpang kapal KM Lambelu juga dicek suhu tubuh menggunakan alat infrared thermometer.

Baca juga: RSUP Dr Wahidin Makassar Isolasi Seorang Pasien Rujukan dari RSUD Gowa

Dari hasil pemeriksaan, sejauh ini para penumpang tidak memiliki suhu di atas 38 derajat celcius.

Imran menambahkan, sebelum bersandar di Pelabuhan Makassar, KM Lambelu sempat bersandar di pelabuhan Parepare dan rencananya akan kembali menyusuri perairan Kalimantan.

"Jadi setiap kapal-kapal penumpang yang masuk kami akan melakukan penyemprotan cairan disinfektan ini yang masuk di pelabuhan dan seluruh awak serta penumpang dilakukan juga pemeriksaan," imbuhnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com