Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banjir Jakarta Ikut Ganggu Perjalanan Kereta Api Menuju Semarang

Kompas.com - 25/02/2020, 15:52 WIB
Riska Farasonalia,
Teuku Muhammad Valdy Arief

Tim Redaksi

SEMARANG,KOMPAS.com - Sejumlah kereta api yang hendak menuju Semarang, Jawa Tengah, mengalami keterlambatan imbas dari adanya banjir di Jakarta.

Manager Humas KAI Daop 4 Semarang Krisbiantoro menyampaikan permohonan maaf atas keterlambatan tersebut.

"Kami atas nama PT KAI khususnya Daop 4 Semarang mohon maaf yang sebesar-besarnya atas keterlambatan perjalanan kereta api," kata Krisbiantoro melalui pesan singkat, Selasa (25/2/2020).

Baca juga: Jakarta Banjir, Simak Cara Refund Tiket Kereta Api dan Uang Kembali 100 Persen

Terdapat tujuh kereta api yang terhambat perjalanannya dari arah Jakarta menuju atau melintas ke Semarang yakni Argo Muria, Argo Bromo Anggrek, Tawang Jaya Premiun, Dharmawangsa, Argo Cheribon, Matarmaja tujuan Malang dan Tegal Ekspres tujuan Tegal.

"Untuk kereta api Matarmaja saat ini belum bisa berangkat dari stasiun Pasar Senen Jakarta. Kami belum bisa memprediksi keberangkatannya. Tapi kereta yang lainnya sudah berangkat meskipun mengalami keterlambatan cukup lama," jelasnya.

Krisbiantoro menambahkan perjalanan kereta api Argo Bromo mengalami keterlambatan sampai tiga jam lebih. Sedangkan kereta api Argo Muria terlambat sekitar 60 menit.

Untuk itu, PT KAI berupaya menginformasikan kepada calon penumpangnya yang hendak melakukan perjalanan dari Semarang.

"Kita sudah menginformasikan kepada calon penumpang yang belum datang ke stasiun. Bila tetap melakukan perjalanan, penumpang akan mendapatkan service recovery sedangkan yang batal, uang akan dikembalikan 100 persen," katanya.

Baca juga: Kereta Bandara Soetta Kembali Beroperasi Pasca Terdampak Banjir

Dari keterangan yang diperoleh dari Daop 1 Jakarta, jalur kereta api yang terendam banjir berada di depo Lok Jatinegara hingga 11,5 sentimeter, emplasemen Kampung Bandan setinggi 10-13 sentimeter.

Kemudian Jakarta Gudang juga kebanjiran setinggi 15 sentimeter, Km  2+7/8 Jalur Hulu/Hilir Tanah abang - Manggarai 9-12 sentimeter dan Emplasemen Pasar Senen banjir 5 sentimeter.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com