Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang Natal dan Tahun Baru, Polisi Siapkan Pasukan Ganjal Ban di Jalur Sarangan

Kompas.com - 19/12/2019, 10:29 WIB
Sukoco,
Khairina

Tim Redaksi

 

MAGETAN, KOMPAS.com –  Menjelang libur Natal dan Tahun Baru 2019, Kepolisian Resor Magetan Jawa Timur menyiapkan pasukan ganjal ban di jalur maut Sarangan.

Kapolres Magetan AKBP Muhammad Riffai mengatakan,  pasukan ganjal ban disiapkan di titik dengan tanjakan yang curam dan tikungan yang tajam di atas Telaga Sarangan.

“Bagi kendaraan yang tidak kuat menanjak kita sediakan  pasukan pengganjal ban dari personil Sabhara,” ujarnya usai gelar pasukan Operasi Lilin Semeru 2019, Kamis (19/12/2019).

Baca juga: Polisi Petakan 12 Potensi Kerawanan Saat Perayaan Natal dan Tahun Baru 2020

Muhammad Riffai menambahan, keberadaan pasukan ganjal ban untuk mengantisipasi kendaraan pengunjung yang tidak kuat menanjak karena sopir tidak menguasai medan jalan yang banyak terdapat tanjakan dan turunan curam  disertai  belokan tajam.

Selain menyiapkan pasukan ganjal ban, upaya buka tutup jalur juga akan dilakukan mengantisipasi peningkatan jumlah wisatawan menuju Telaga Sarangan.

“Buka tutup nantinya juga akan diberlakukan biar tidak macet. Soalnya kemacetan mendorong untuk mogok dan kendaraan bisa turun sendiri,” tambahnya.

Baca juga: Minimalisasi Kecelakaan Jelang Nataru, Jalur Maut Sarangan Dipasangi Rolling Guard-Rail Barrier

Memasuki musim penghujan, pengendara yang melintasi jalur Magetan - Karanganyar juga diimbau untuk waspada terhadap longsor dan pohon tumbang mengingat jalur tersebut banyak pohon yang sudah  berusia tua. Apalagi jika terjadi hujan disertai angin putting beliung.

“Kalau cuacanya enggak kondusif, berhenti saja di atas atau di bawah jangan lanjutkan, nunggu situasi. Apalagi ada angin puting beliung,” ucapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com