UMK Kepri 2020, Batam Tertinggi, Tanjungpinang Terendah

Kompas.com - 26/11/2019, 11:04 WIB
ilustrasi uang dalam amplop. Thinkstockilustrasi uang dalam amplop.

BATAM, KOMPAS.com - Pemerintah Provinsi Riau (Kepri) menetapkan upah minimum kabupaten/kota (UMK) di Kepri tahun 2020.

Dari kabupaten kota yang ada di Kepri, Batam memiliki angka tertinggi yang mencapai Rp 4,1 juta atau naik 8,5 persen dari UMK 2019 sebesar Rp 3,6 juta.

Plt Gubernur Kepri Isdianto mengatakan, penetapan ini dengan memperhatikan rekomendasi dari Dewan Pengupahan Provinsi, bupati, serta wali kota.

"Pemprov Kepri juga sudah mengeluarkan Surat Keputusan (SK) Gubernur Kepri Nomor 1047 Tahun 2019 tentang Upah Minimum Kota Batam Tahun 2020," kata Isdianto, saat dihubungi, Selasa (26/11/2019).

Baca juga: Ganjar Resmi Tetapkan Upah Minimum Kabupaten/Kota se-Jawa Tengah

Isdianto mengatakan, besaran UMK itu diberlakukan hanya bagi pekerja yang mempunyai masa kerja kurang dari satu tahun.

Sedangkan untuk pekerja dengan masa kerja di atas satu tahun, dilakukan kenaikan oleh pengusaha dengan sebaik-baiknya sesuai dengan struktur dan skala upah yang telah diberlakukan di perusahaan.

Kemudian, perusahaan yang telah memberikan upah lebih tinggi dari ketetapan UMK, tidak dibenarkan mengurangi atau menurunkan upah.

"Bagi perusahaan yang belum mampu melaksanakan UMK tahun 2020 berdasarkan ketentuan Peraturan Pemerintah Nomor 78 Tahun 2015 tentang Pengupahan, maka dapat mengajukan penangguhan upah," jelas Isdianto.

Baca juga: Tertangkap Bawa Sabu 700 Gram, Pria Ini Mengaku Diberi Upah Rp 25 Juta

Berikut besaran upah minimum kabupaten/kota (UMK) di Kepri tahun 2020:

- Kabupaten Natunan Rp 3.106.975

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X