Plafon Kantor Wali Kota Bitung Rusak Pasca-gempa Magnitudo 7,1

Kompas.com - 15/11/2019, 12:51 WIB
Gempa magnitudo 5,9 mengguncang Manado pada Jumat (15/11/2019) dini hari. Dok. BMKGGempa magnitudo 5,9 mengguncang Manado pada Jumat (15/11/2019) dini hari.

MANADO, KOMPAS.com - Gempa bermagnitudo 7,1 yang mengguncang Sulawesi Utara, Kamis (15/11/2019), menyebabkan kerusakan bangunan di Kota Manado dan Bitung.

"Data terbaru terjadi kerusakan di Manado Town Square (Mantos) Manado. Informasi ada yang retak-retak. Kalau untuk perumahan penduduk belum ada," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Manado Maxmilian Tatahede, saat dikonformasi Kompas.com, Jumat siang.

Baca juga: Gempa Magnitudo 7,1, Turis di Manado Sempat Panik


Hingga saat ini, belum ada laporan terkait korban, baik luka berat maupun ringan.

Wali Kota Bitung Maximiliaan Jonas Lomban mengatakan, saat ini, kondisi di Bitung sudah aman.

Menurut dia, gempa yang mengguncang Bitung ini merupakan yang terbesar. Selama ini, gempa biasanya terjadi di bawah magnitudo 7.

Pascagempa megnitudo 7,1, lima menit kemudian ia langsung memerintahkan semua camat dan lurah untuk menyampaikan informasi kepada warga, karena sudah keluar peringatan potensi tsunami.

Baca juga: Manado Kembali Diguncang Gempa Magnitudo 5,9, Tak Berpotensi Tsunami

"Warga sempat mencari tempat tinggi. Satu jam kemudian setelah tidak berpotensi tsunami, warga kembali ke rumah masing-masing," kata dia.

Hingga saat ini, laporan dari camat dan lurah tidak ada kerusakan berarti dan korban jiwa.

"Tidak ada kerusakan yang berarti, kalaupun ada sama dengan di Kantor Wali Kota Bitung, plafon ada yang jatuh. Warga tetap terus waspada," ungkap dia.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X