Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ziarah ke Makam Gubernur Suryo, Khofifah Menitikkan Air Mata

Kompas.com - 11/10/2019, 12:08 WIB
Sukoco,
Abba Gabrillin

Tim Redaksi

MAGETAN, KOMPAS.com - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menitikkan air mata saat ziarah ke makam Gubernur pertama Jawa Timur, Suryo di Jalan Salak, Kabupaten Magetan, Jawa Timur, Jumat (11/10/2019).

Saat tiba pada pukul 10:30 WIB, Kofifah langsung memimpin upacara penghormatan kepada Pahlawan Nasional Gubernur Suryo.

Khofifah yang didampingi Bupati Magetan Suprawoto dan pejabat Provinsi Jawa Timur kemudian melaksanakan tabur bunga di makam Gubernur Suryo.

Baca juga: Ramah Tamah dengan Khofifah, Mahasiswa Tolak Makan dan Minum di Gedung Grahadi

Ziarah ini merupakan kegiatan dalam rangka memperingati HUT ke-74 Provinsi Jawa Timur.

Khofifah menitikkan air mata saat mengingat kekejaman PKI saat menyiksa dan membunuh Gubernur Suryo yang memiliki nama lengkap Raden Mas Tumenggung Ario Soerjo.

“Dari riwayat yang dibacakan sadis. Mungkin kalau riwayat dibaca di luar makam, terharu biasa. Tapi kalau itu dibaca di sini, terharunya dalam, ndak bisa nahan tetasan air mata,” ujar Khofifah, Jumat.

Khofifah mengatakan, Gubernur Suryo selain sebagai pahlawan nasional juga merupakan peletak fondasi dan babad alasnya Jawa Timur.

Menurut Khofifah, mengingat jasa para pahlawan yang telah menyumbangkan harta bahkan nyawa untuk kemajuan Bangsa Indonesia merupakan bentuk revolusi mental yang dicanangkan Presiden Joko Widodo.

“Revolusi mental itu ya seperti ini salah satunya. Kenali siapa yang berjasa pada proses pembangunan di negeri kita. Bagi waga Jawa Timur, tidak boleh tidak kenal Gubernur Suryo,” ucap Khofifah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com