4 Fakta Kerusuhan di Oksibil, 150 Kios Terbakar hingga Situasi Sudah Kondusif

Kompas.com - 27/09/2019, 15:51 WIB
Kerusuhan dan pembakaran kios di  Jalan Balusu Distrik Oksibil, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua, Kamis (26/9/2019). KOMPAS.com/DHIAS SUWANDIKerusuhan dan pembakaran kios di Jalan Balusu Distrik Oksibil, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua, Kamis (26/9/2019).

KOMPAS.com - Kerusuhan terjadi di Jalan Balusu, Distrik Oksibil, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua, Kamis (26/9/2019)sekitar pukul 16.30 WIT.

Akibat kerusuhan tersebut, 150 kios dibakar, para pedagang yang kehilangan kiosnya mengungsi di Mapolres Pegunungan Bintang dan Koramil Oksibil. Saat ini, situasi di Pegunungan Bintang sudah kondusif.

Kabid Humas Polda Papua Kombes AM Kamal menjelaskan bahwa kejadian tersebut dilakukan oleh sekelompok pemuda yang berjumlah sekitar 7 orang.


Para pemuda tersebut dalam kondisi dipengaruhi minuman keras.

Brikut ini fakta kerusuhan di Oksibil yang mengakibatkan 150 kios dibakar:

1. Kronologi kejadian

Kebakaran kios di Jalan Balusu, Distrik Oksibil, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua, Kamis (26/9/2019).KOMPAS.com/DHIAS SUWANDI Kebakaran kios di Jalan Balusu, Distrik Oksibil, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua, Kamis (26/9/2019).

Akmal mengatakan, kejadian bermula sekitar pukul 15.00 WIT, di mana sekelompok pemuda sedang melakukan pesta miras di Pasar Mabilabol, Distrik Oksibil.

Dalam keadaan mabuk, ketujuh pemuda ini melakukan perusakan meja dan barang dagangan pinang yang ada di Pasar Mabilabol.

Polisi yang mendapat laporan dari warga adanya pengerusakan pasar langsung mendatangi tempat kejadian perkara.

Kemudian polisi mengamankan salah satu pemuda yang bernana Yusmen ke Polres Pegunungan Bintang. Namun, para pemuda lainnya tidak terima dengan tindakan tersebut.

Selanjutnya, para pemuda tersebut mengejar mobil patroli sambil berkata "Kembalikan teman kami, kami akan kacau".

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X