Kasus Kekerasan Seksual Merebak di Karawang, "Safe House" Dibutuhkan

Kompas.com - 20/09/2019, 08:13 WIB
Wakil Ketua Komnas PA Jawa Barat Wawan Wartawan berbicara soal perlunya safe house atau rumah aman bagi korban kekerasan seksual di Karawang sebagai tempat pendampingan korban. KOMPAS.com/FARIDA FARHANWakil Ketua Komnas PA Jawa Barat Wawan Wartawan berbicara soal perlunya safe house atau rumah aman bagi korban kekerasan seksual di Karawang sebagai tempat pendampingan korban.

KARAWANG, KOMPAS.com - Komisi Nasional Perlindungan Anak ( Komnas PA) Jawa Barat menilai Karawang membutuhkan rumah aman. Hal ini menyusul banyaknya kasus kekerasan seksual terhadap anak di Karawang.

"Rumah aman memang perlu, sebagai alternatif untuk tinggal korban kekerasan selama pendampingan. Agar merasa lebih aman," ungkap Wawan Wartawan, Wakil Ketua Komnas PA Jawa Barat kepada Kompas.com di Mapolres Karawang, Kamis (19/9/219).

Wawan mengatakan, anak korban kekerasan memerlukan lingkungan yang aman agar kembali tenang.

Wawan mengaku pihaknya telah mendorong Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karawang untuk menyiapkan rumah aman dan rumah singgah.

Baca juga: Hingga Agustus 2019, Ada 30 Kasus Kekerasan Seksual Terhadap Anak di Karawang

"Yang saya tahu Pemkab (Karawang) sudah mewacanakan membuat rumah singgah. Mungkin nanti bisa di dalamya ada rumah aman untuk korban kekerasan seksual," katanya.

Menurut Wawan, masyarakat juga perlu diberikan pemahaman untuk tidak mengucilkan para korban kekerasan seksual.

"Sebab, apa yang terjadi kepada mereka (korban), diluar keinginannya," katanya.

Wawan pun meminta masyarakat bijak menggunakan media sosial, termasuk jika mengunggah konten yang berisi informasi kasus kekerasan seksual.

"Saya mengimbau masyarakat untuk tidak mengunggah nama, foto, alamat lengkap, tempat sekolah, dan nama orang tua, serta kerabat korban. Ini demi keamanan korban," katanya.

Korban kekerasan seksual ditolak masyarakat

Nur Regina, pengurus Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A) Kabupaten Karawang hanya ada rumah aman sementara, yang ditanggung oleh relawan.

Baca juga: 5 Fakta di Balik Kasus Ayah Cabuli Anak Tirinya, Rumah Diancam Dibakar hingga Terbongkar Setelah 8 Tahun

Halaman:
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X