Enam Petugas BPBD Kalsel Terjebak Api Karhutla, Proses Evakuasi Masih Berlangsung

Kompas.com - 21/08/2019, 15:22 WIB
Ilustrasi Kebakaran Hutan. ShutterstockIlustrasi Kebakaran Hutan.

BARITOKUALA, KOMPAS.com - Enam petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kalsel, dilaporkan terjebak api kebakaran hutan dan lahan ( karhutla) di perkebunan kelapa sawit desa Tatah Bedau, Kabupaten Barito Kuala, Rabu (21/8/2019) sore. 

"Saat ini ada enam orang kami dari satgas darat yang terkurung api di areal perkebunan kelapa sawit," ujar Kepala Pelaksana BPBD Kalsel, Wahyuddin melalui siaran pers, Rabu (21/8/2019).

Wahyuddin menambahkan, pihaknya saat ini berupaya melakukan proses evakuasi dengan melibatkan heli water bombing untuk melakukan pemadaman di lokasi terjebaknya enam petugas agar akses jalan bisa dipadamkan.

Keenam petugas ini awalnya melakukan pemadaman kebakaran lahan seperti biasanya.


Namun kencangnya tiupan angin mengakibatkan api cepat menutup akses jalan petugas sehingga petugas kesulitan untuk keluar.

Baca juga: Tiga Pelaku Pembakaran Lahan Ditangkap di Kalsel

"Karena angin kencang, mereka memadamkan langsung masuk ke dalam, cuma karena angin, api lantas menjalar kemana-mana," kata Wahyuddin.

Saat ini selain mengerahkan heli water bombing, BPBD Kalsel, juga mengerahkan petugas darat untuk membantu proses evakuasi.

Hingga berita ini diturunkan, enam petugas tersebut belum berhasil dievakuasi keluar dari kepungan api.

"Belum berhasil kita evakuasi, namun kita sudah mencoba kontak mereka di dalam, titik koordinat sudah kita berikan dan heli saat ini sudah di lokasi," tambah Wahyuddin.

Wahyuddin berharap agar seluruh personilnya yang saat ini terjebak api bisa segera di evakuasi.

Baca juga: Titik Api di Kalsel Terus Meluas, BPBD Sebar SMS Broadcast Bahaya Karhutla

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X