Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Duduk Perkara Paskibra Kibarkan Bendera Tanpa Seragam Saat Upacara HUT RI

Kompas.com - 21/08/2019, 07:13 WIB
Rachmawati

Editor

KOMPAS.com - "Kami semua merasa sangat sedih dan menangis saat menjalankan tugas karena kami melakukannya hanya dengan baju seragam SMA,” kata salah seorang anggota Paskibra Kecamatan Amalutu, Kabupaten Seram Bagian Barat Maluku.

Ia dan anggota Paskibraka lainnya merasa kecewa karena tidak mendapatkan seragam Paskibra saat bertugas mengibarkan bendera Merah Putih di peringatan upacara Hari Ulang Tahun (HUT) Proklamasi ke 74 RI di lapangan upacara Kecamatan Amalatu, Kabupaten Seram Bagian Barat, Maluku, Sabtu (17/8/2019)

Sebanyak 28 anggota Paskibra tingkat kecamatan tersebut bahkan tak mampu menahan tangis saat bertugas, hingga membuat para peserta dan undangan yang hadir ikut menangis.

Salah seorang anggota Paskibra di Kecamatan Amalutu mengaku saat sesi latihan, mereka dijanjikan untuk difasilitasi seragam Paskibra. Namun hingga tanggal 16 Agustus 2019, seragam tersebut tidak sampai di tangan.

“Karena waktu sudah sangat mepet, kami langsung mengambil inisiatif untuk menggunakan seragam sekolah. Sejujurnya, kami sangat kecewa, tapi demi negara kami tetap menjalankan tugas yang mulia itu,” katanya.

Baca juga: Kibarkan Merah Putih Tanpa Seragam, Puluhan Anggota Paskibra Menangis

 

Tidak ada anggaran untuk membeli seragam

Bupati Kabupaten Seram Bagian Barat, Maluku Muhamad Yasin Payapo saat menjadi sinpektur upcara pada upacara HUT ke74 kemerdekaan RI di Piru, Sabtu (17/8/2019)KOMPAS.COM/RAHMAT RAHMAN PATTY Bupati Kabupaten Seram Bagian Barat, Maluku Muhamad Yasin Payapo saat menjadi sinpektur upcara pada upacara HUT ke74 kemerdekaan RI di Piru, Sabtu (17/8/2019)
Ebhil Pattimura, warga Kecamatan Amalutu mengatakan bukan baru kali ini saja anggota Paskibraka di kecamatan tersebut menggunakan seragam sekolah saat HUT RI.

Menurutnya, kondisi tersebut telah terjadi sejak tahun 2011 lalu. Mirisnya setiap anggota Paskibra selalu dibebankan untuk mencari seragam sendiri.

Sementara itu, Camat Amalatu Adaweya Wakano menjelaskan kondisi tersebut terjadi karena kecamatan tidak memiliki anggaran untuk memfasilitasi dan membiayai pengadaan seragam bagi anggota Paskibra.

Selama ini, anggaran Paskibra didapat melalui sumbangan sekolah dan para guru serta pemerintah desa.

“Saya sudah sampaikan ke kepala sekolah bahwa selama ini kita tidak punya anggaran soal ini, jadi saya bilang mereka (Paskibra) cari pakaian nanti saya tanggung apa yang kurang seperti garuda, sarung tangan, dan perlengkapan lain. Itu saya siapkan,” ujarnya.

Baca juga: Paskibra Kibarkan Bendera Tanpa Seragam, Ini Kata Bupati

Dia mengaku, beberapa hari jelang upacara, seksi usaha dana yang berasal dari SMA negeri setempat mendatanginya dan meminta panitia tingkat kecamatan membantu menyediakan seragam Paskibra.

Karena waktunya yang sudah semakin mepet, mereka mencari jalan alternatif. Salah satunya dengan menyewa seragam Paskibra untuk digunakan saat upacara berlangsung.

Setelah berbicara dengan pelatih Paskibra, disepakati 8 anggota Paskibra akan menggunakan seragam Paskibra sementara lainnya menggunakan seragam sekolah.

“Saat sudah sepakat, giliran guru-guru SMA yang menolak. Jadi mereka ini menyangka bahwa setiap tahun saya ini dapat uang HUT 17 agustus dari kabupaten,” katanya.

Menurutnya, ada wacana yang berkembang jika jumlah anggaran yang disediakan dari kabupaten untuk upacara HUT kemerdekaan di kecamatan tersebut senilai Rp 17 juta.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com