Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Saat Puluhan pelajar Disabilitas Ikut Merasakan Lomba Makan Kerupuk, Balap Karung...

Kompas.com - 16/08/2019, 13:36 WIB
Amran Amir,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

PALOPO, KOMPAS.com - Merayakan hari kemerdekaan Republik Indonesia ke-74 tak hanya dilakukan oleh pelajar seperti umumnya yang normal tetapi juga dilakukan oleh pelajar berkebutuhan khusus. 

Seperti yang dilakukan oleh pelajar penyandang disabilitas di Sekolah Luar Bisa (SLB) Gugus Sehati di Kelurahan Songka, Kecamatan Wara Selatan, Kota Palopo, Sulawesi Selatan, Jumat (16/08/2019).

Sedikitnya 43 siswa sari tingkat SD dan SMP secara bergantian yang terdiri dari penyandang Tuna Netra, Tuna Rungu, Tuna Wicara, Tuna Daksa  dan Tuna Grahita mengikuti lomba dalam rangka peringatan Hari Kemerdekaan 17 Agustus.

Kepala Sekolah SLB Gugus Sehati Kota Palopo, Hj Suhati, mengatakan pihaknya sengaja melakukan lomba dalam memeriahkan peringatan hari kemerdekaan karena mereka di lingkungan tempat tinggalnya tidak terliibat untuk ikut dalam merayakan hari kemerdekaan.

Baca juga: Tugu Sentul Jombang, Monumen Pejuang Kemerdekaan yang Kini Tak Terawat

“Kami melibatkan mereka untuk merayakan peringatan hari kemerdekaan RI ke-74, agar mereka merasakan perayaan tersebut sama dengan rekan-rekan mereka di luar sekolah SLB, dengan mengikuti lomba seperti lomba makan kerupuk, lomba lari karung, dan lomba memindahkan tepung,” kata Suhati saat ditemui di sekolah SLB, Jumat.

Menurutnya, lomba yang digelar selain memperkenalkan semangat juang kemerdekaan bagi pelajar penyandang disabilitas atau berkebutuhan khusus, juga menambah kepercayaan diri.

“Mereka terlihat senang, antusias dan berupaya meraih juara lomba dengan penuh suka cita,” ucapnya.

Selain mengikuti perlombaan, siswa lainnya memberikan hiburan dengan memainkan musik dan menari agar rekan-rekannya dapat terhibur.

“Karena ada fasilitas seni seperti Orgen, Gitar dan lain-lain, jadi mereka sudah biasa dilatiih dan itu sesuai baktnya masing-masing,” ujarnya.

Baca juga: Soal Kasus Drg Romi, Senator Sumbar Minta Kemenpan RB Buat Aturan Tegas Bagi Disabilitas

   

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com