Terbakar Cukup Parah, Berikut 5 Hal tentang Taman Nasional Tesso Nilo

Kompas.com - 15/08/2019, 05:43 WIB
Lahan yang baru saja dibakar di kawasan Taman Nasional Tessa Nilo, Riau. KOMPAS/SYAHNAN RANGKUTILahan yang baru saja dibakar di kawasan Taman Nasional Tessa Nilo, Riau.


KOMPAS.com –  Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Taman Nasional Tesso Nilo (TNTN), Pelalawan, Provinsi Riau cukup parah.

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya Bakar mengatakan, kebakaran di Taman Nasional Tesso Nilo sudah masuk hingga tengah hutan.

Hal itu diketahui dari hasil peninjauan lapangan yang dilakukannya pada Selasa (13/8/2019).

Menurut Siti Nurbaya, kondisi titik api di kawasan TNTN tidak terlalu besar, namun merata dan mengeluarkan asap cukup banyak. Hal itu sebagaimana diberitakan Kompas.com, Rabu (14/8/2019).

Bagi yang belum mengetahui Taman Nasional Tesso Nilo (TNTN), Kompas.com mencoba merangkum kondisi salah satu taman yang berada di Kabupaten Pelalawan, Riau.

1. Habitat Satwa Endemik Gajah Sumatera

Kawasan TNTN salah satunya berfungsi sebagai habitat asli satwa endemik gajah sumatera (elephas maximus sumatranus). Selain hewan tersebut juga ada habitat harimau sumatera, tapir, beruang dan sebagainya.

Dilaporkan Kompas.com pada Rabu (14/8/2019), Kepala Balai TNTN Halasan Tulus menyebut bahwa gajah sumatera liar yang ada di TNTN dalam kondisi aman.

Baca juga: Kabut Asap dan Kebakaran Hutan di Tesso Nilo, Bagaimana Nasib Satwa?

Sedangkan 8 gajah sumatera jinak di kamp Flying Squad dipindahkan ke tempat yang lebih aman, karena kabut asap cukup pekat di lokasi. Ke delapan gajah tersebut biasanya digunakan untuk mengusir gajah liar yang biasanya memasuki pemukiman warga.

Berdasarkan laporan Kompas.com pada 30/9/2011 di TNTN ini terdapat 200 habitat gajah dan 11 harimau.

2. Pengolahan TNTN Memiliki 3 Zonasi

Dilaporkan Kompas.com pada Rabu (14/8/2019) Kepala Balai TNTN Halasan Tulus mengatakan bahwa pengolahan TNTN memiliki 3 zonasi. Ketiga zonasi tersebut adalah: zona inti, zona rehalibitasi, zona trasional dan ada juga zona reliji.

Ia menyebut, kebakaran kali ini terjadi pada zona rehabilitasi.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X