Kabut Asap dan Kebakaran Hutan di Tesso Nilo, Bagaimana Nasib Satwa?

Kompas.com - 14/08/2019, 12:16 WIB
Kepala BBKSDA Riau Suharyono IDONKepala BBKSDA Riau Suharyono

PEKANBARU, KOMPAS.com - Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) melanda kawasan Taman Nasional Tesso Nilo ( TNTN) di wilayah Kabupaten Pelalawan, Riau.

Kebakaran ini menimbulkan kabut asap yang menyebar ke dalam hutan hingga permukiman warga di sekitarnya.

Tak hanya itu, kabut asap ini juga bisa berdampak terhadap kesehatan satwa dilindungi yang ada di kawasan konservasi tersebut.

Sebagaimana diketahui, ada ratusan flora dan fauna yang bisa ditemui di kawasan TNTN ini.

Beberapa di antaranya, gajah sumatera, harimau sumatera, buaya, beruang madu, tapir dan berbagai jenis burung serta ikan.

Menanggapi masalah ini, Kepala Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau Suharyono menyatakan mendukung langkah-langkah yang akan dilakukan oleh pihak Balai TNTN.

Salah satunya pemindahan gajah jinak dari lokasi karhutla.

"Kalau sudah terganggu kesehatan satwa, saya akan mendukung langkah-langkah yang dilakukan (Balai TNTN)," kata Suharyono saat berbincang dengan Kompas.com, Rabu (14/8/2019).

Baca juga: Taman Nasional Tesso Nilo di Riau Terbakar, Gajah Sumatera Masih Aman

Saat ditanya mengenai kondisi para satwa yang ada di dalam konservasi saat ini, Suharyono mengaku tidak berani memberikan keterangan soal itu.

"Aku enggak berani memberikan statement seperti itu. Tapi setidaknya, kita rasakan sendiri dengan udara yang kurang nyaman ini, saya kira tidak hanya kita yang terganggu, tapi semua mahkluk hidup terganggu. Saya kira akan mengganggu kesehatan semua yang ada di sana (TNTN)," sebut Suharyono.

Kondisi kabut asap akibat karhutla saat ini juga membuat satwa keluar dari habitatnya.

Halaman:


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X