5 Fakta Penampakan Waduk Jatigede Saat Kemarau, Sudah 2 Bulan Surut hingga Jadi Lokasi Wisata Baru

Kompas.com - 12/08/2019, 08:43 WIB
Pada musim kemarau ini, eks jalan provinsi yang sebelumnya tergenang air Waduk Jatigede kembali muncul ke permukaan, Sabtu (11/8/2019). AAM AMINULLAH/KOMPAS.com Aam AminullahPada musim kemarau ini, eks jalan provinsi yang sebelumnya tergenang air Waduk Jatigede kembali muncul ke permukaan, Sabtu (11/8/2019). AAM AMINULLAH/KOMPAS.com

KOMPAS.com - Debit air di Waduk Jatigede, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, surut drastis. Kondisi ini sudah terjadi sejak dua bulan lalu. Penyebabnya, debit air dari aliran Sungai Cimanuk.

Surutnya Waduk Jatigede membuat jalan provinsi, pemukiman warga hingga tempat pemakaman umum di sejumlah wilayah desa eks genangan di Kecamatan Darmaraja dan Kecamatan Wado, yang sebelumnya terendam kembali muncul ke permukaan.

Fenomena itu menjadi daya tarik warga. Mereka pun berkunjung ke Waduk Jatigede itu hanya untuk melihat bekas permukiman.

Bahkan, ada pula warga yang membuka warung kopi di daerah itu setelah melihat antusias penggunjung yang begitu besar ke Waduk Jatigede.

Berikut fakta penampakan waduk Jatigede Sumedang:

1. Sudah 2 bulan surut

Ilustrasi. KOMPAS/AGUS SUSANTOAGUS SUSANTO Ilustrasi. KOMPAS/AGUS SUSANTO

Salah seorang petani asal Desa Nanggerang, Kecamatan Cisitu, Kabupaten Sumedang Sugita Praja (80) mengatakan, dalam 1x24 jam, ketinggian air waduk surut 50 sentimeter hingga 1 meter.

"Sudah dua bulan surut. Tiap hari terus surut. Tahun ini kalau dilihat lebih parah," ujarnya kepada Kompas.com, Sabtu (10/8/2019).

Baca juga: Penampakan Eks Permukiman Warga Saat Waduk Jatigede Surut Drastis Akibat Kemarau

2. Ramai pengunjung saat air surut

Ilustrasi wisatawanKOMPAS.COM/I MADE ASDHIANA Ilustrasi wisatawan

Pemilik salah satu warung, Wati (40) mengaku, di saat Waduk Jatigede surut seperti saat ini, lebih banyak pengunjung datang.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X