Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penampakan Eks Permukiman Warga Saat Waduk Jatigede Surut Drastis Akibat Kemarau

Kompas.com - 11/08/2019, 15:12 WIB
Aam Aminullah,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

SUMEDANG, KOMPAS.com - Debit air di Waduk Jatigede, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat surut drastis. Kondisi ini sudah terjadi sejak dua bulan lalu. Penyebabnya, debit air dari aliran Sungai Cimanuk.

Surutnya Waduk Jatigede membuat jalan provinsi, pemukiman warga hingga tempat pemakaman umum di sejumlah wilayag desa eks genangan di Kecamatan Darmaraja dan Kecamatan Wado, yang sebelumnya terendam kembali muncul ke permukaan.

Hal ini, menjadi daya tarik tersendiri bagi warga dari berbagai daerah, yang penasaran melihat sisa-sia puing bangunan pemukiman warga eks wilayah genangan Waduk Jatigede.

Menurut informasi, debit air yang masuk dari Sungai Cimanuk saat ini hanya 20 meter kubik per detik.

Sedangkan air yang dikeluarkan dari waduk untuk mengairi wilayah hilir (Majalengka, Indramayu, Cirebon) sebanyak 65 meter kubik per detik.

Baca juga: Viral Foto Waduk Jatigede Jebol Bikin Warga Panik, Ini Penjelasan Petugas

Buka warung di puing bangunan 

Salah seorang petani asal Desa Nanggerang, Kecamatan Cisitu, Kabupaten Sumedang Sugita Praja (80) mengatakan, dalam 1x24 jam, ketinggian air waduk surut 50 sentimeter hingga 1 meter.

"Sudah dua bulan surut. Tiap hari terus surut. Tahun ini kalau dilihat lebih parah," ujarnya kepada Kompas.com, Sabtu (10/8/2019).

Kondisi ini dimanfaatkan warga untuk membuka warung kopi. Mengingat banyak warga dari berbagai daerah datang ke lokasi.

Pemilik salah satu warung, Wati (40) mengaku, di saat Waduk Jatigede surut seperti saat ini, lebih banyak pengunjung datang.

Jika dibandingkan saat air waduk penuh, jumlah pengunjung naik dua kali lipat.

Baca juga: Warga Pesisir Waduk Jatigede Krisis Air Bersih, Mandi Pakai Air Galon

"Ramai saat surut seperti sekarang. Apalagi Sabtu, Minggu sama hari libur. Di sini penuh. Beda waktu airnya penuh masih sedikit yang datang," tuturnya di warungnya di eks Desa Cibungur, Kecamatan Darmaraja.

Saat surut seperti sekarang, kata Wati, warga sekitar mendirikan warung sementara ini mendekati puing bangunan atau mendekati pesisir.

"Kalau air penuh warung ini juga terendam. Kami jualan pindah lagi ke atas, ke pesisir batas waduk penuh," sebutnya.

Banyak warga penasaran, jadi lokasi wisata baru

Pada musim kemarau ini, eks jalan provinsi yang sebelumnya tergenang air Waduk Jatigede kembali muncul ke permukaan, Sabtu (11/8/2019). AAM AMINULLAH/KOMPAS.comAam Aminullah Pada musim kemarau ini, eks jalan provinsi yang sebelumnya tergenang air Waduk Jatigede kembali muncul ke permukaan, Sabtu (11/8/2019). AAM AMINULLAH/KOMPAS.com
Sementara itu, Cecep (38) warga asal Kecamatan Cihideung, Kota Tasikmalaya mengaku sengaja datang untuk liburan ke Waduk Jatigede.

Sayang, kata Cecep, di sekitar Waduk Jatigede belum terdapat hotel atau penginapan sehingga saat berlibur hanya bisa melakukan perjalanan pulang, pergi Tasik-Sumedang.

Cecep mengaku datang bersama keluarganya karena penasaran. Sehingga datang ke Waduk Jatigede karena ingin melihat penampakan bangunan-bangunan bermunculan di wilayah genangan Waduk Jatigede.

"Iya katanya hotel ada di kota, jarak dari sini (Waduk Jatigede) sekitar 25 kilometer. Cukup jauh, jadi harus pulang pergi," katanya. 

Baca juga: Libur Lebaran, Sejumlah Obyek Wisata Waduk Jatigede Diserbu Pengunjung

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com